Manfaat Belajar Geografi di SMA.

Nilai plus masuk jurusan IPS di SMA adalah belajar Geografi di KBM harian. Untuk peserta didik jurusan lainnya, sekolah hanya bisa memberikan kesempatan belajar Geografi di Pemantapan OSN saja, selebihnya harus belajar mandiri.
Hampir semua materi pembelajarannya berkenaan langsung dengan pengetahuan mendasar yang berkenaan dengan sisi-sisi kehidupan praktis manusia.
Ruang lingkup kajian Geografi fisik ( litosfer/ kulit bumi, atmosfer/ udara, hidrosfer/ air, biosfer/ flora-fauna) ataupun Geografi Sosial (antroposfer/ aktifitas manusia), bahkan Geografi Teknik (Peta, Penginderaan Jauh/ Remote Sensing dan Sistem Informasi Geografi).
Jika mempelajari satu bab dari materi secara serius, maka akan memberikan pengenalan lebih dahulu pada perkuliahan nanti yang berkenaan engan materi tersebut.
Geografi Desa- Kota dan Geografi Pengembangan Wilayah, setidaknya memberikan landasan-landasan teoritis yang kontekstual tentang mata kuliah yang berkenaan dengan analisis kebijakan publik berdasarkan pemetaan wilayah dan persebaran penduduk serta jaringan transportasi dalam dan luar kota yang lebih baik. Sebuah kajian yang selayaknya membekali para peserta didik yang melanjutkan studinya ke IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri).


Bersambung. 

http://sobatgeo.blogspot.co.id/2016/12/cabang-cabang-geografi.html
Previous
Next Post »

Total Pageviews