Studi Sosial

lmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) merupakan sebuah studi keilmuan yang memiliki variable yang sangat kompleks dan dinamis, karena objek materialnya meliputi berbagai hal yang berhubungan dengan antroposper, yakni keseluruhan dari aktifitas manusia di bumi mulai dari latar belakang, proses, maupun hasilnya.

Kebudayaan merupakan perwujudan dari eksistensi manusia seagai mahluk yang berakal ( homo rational ), berkarsa ( homo faber ), bekerja sama ( homo socius), dan berkeyakinan terhadap kekuatan yang besar diluar dirinya.. Dinamika politik, ekonomi dan sosial budaya yang terjadi dalam kehidupan manusia menunjukkan tingkat kompleksitas tinggi, sehingga menjadikan Ilmu Pengetahuan Sosial sangat menarik dan perlu terus dikaji.

Mengkaji kebudayaan berarti mengkaji komponen sistem sosial budaya yang meliputi: sistem bahasa, sistem pengetahuan, organisasi sosial, sistem peralatan hidup atau teknologi, sistem mata pencaharian, sistem religi dan kepercayaan hidup, serta sistem kesenian.

Luasnya kajian kebudayaan menyebabkan peneliti harus melakukan langkah-langkah yang telah digariskan dalam metode penelitian, diantaranya menentukan variable penelitian, merumuskan masalah penelitian, mengumpulkan data sampai pada tahap pengambilan kesimpulan atau generalisasi dari variable penelitian itu sendiri.

Pada tahap pengumpulan data penelitian harus terikat pada variable penelitian yang menjadi tema, sehingga hasil penelitian akan memperlihatkan kumpulan data yang mengarah pada satu kesimpulan, baik berupa pembuktian sebuah teori (untuk deduktif), maupun generalisasi (untuk induktif). Keterikatan pada sebuah tema sentral (variable penelitian ) menjadi sebuah modal keterkaitan antara disiplin keilmuan cabang-cabang IPS, sehingga hasil penelitian akan terkesan interdisipliner atau komprehensif, sesuai dengan cirri keilmuan yakni holistic ( menyeluruh ).

3 comments:

  1. Kompleks Masjid Agung Al Azhar
    Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

    ReplyDelete
  2. Fakultas Sains & Teknologi
    Universitas Al Azhar Indonesia
    Kampus UA.

    ReplyDelete
  3. Ayo ikutan, kapan lagi ada yang beginian

    ReplyDelete

Silahkan anda komentari disini.