Blog of Geography Studi in SMA Negeri 1 Kota Sukabumi, Indonesia

GEOGRAPHY of SMA NEGERI 1 SUKABUMI

GEOGRAPHY of SMA NEGERI 1 SUKABUMI

Search This Blog

January 09, 2018

Urgensitas Pembelajaran Geografi bagi Generasi Muda

Setidaknya ada beberapa hal yang urgen dalam memandang semakin pentingnya Mata Pelajaran Geografi disemua tingkatan dan semua program studi di pendidikan dasar hingga menegah.

Beragam teknik penyajian pembelajaran pun harus diupayakan untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang optimal.

Karakteristik Geografi sebagai sebuah studi yang senantiasa memerlukan "intake" siswa dari mata pelajaran lainnya serta kemampuan menggunakannya dalam mempelajari objek kajian geografi yang meliputi segala sesuatu yang terjadi dipermukaan bumi dan yang mempengaruhinya.

Tidak aneh, jika pada beberapa kajiannya, Geografi tiba-tiba menjadi kajian yang sangat bernuansa eksak, bahkan teknik, dari kebiasaannya yang lebih berkarakteristik sosial.

Dari beberapa kompetensi dasar yang diamanatkan kurikulum pembelajaran geografi di SMA saja, setidaknya terdapat beberapa kajian materil fisik bumi dan yang mempengaruhinya yang harus dituntaskan siswa/i dalam pembelajarannya.

Maka kemudian, tak aneh, jika guru geografi dalam mensiasati hajat tahunan seperti halnya Olimpiade Sain Nasional (OSN) dari mulai tingkat kota (OSK) hingga lolos ke tingkat dunia (Sain olympiade) harus memberikan kontribusi yg cukup, khusunya pada 2 mata lomba sains, Bidang Geografi dan Bidang Kebumian.

Lahirnya kedua mata lomba ini pun, semakin menegaskan bahwa Geografi memiliki kajian yang holistik, sehingga harus melibatkan kemampuan-kemmpuan dasar pengetahuan lainnya.

Kita ambil contoh sederhana, misalnya Bidang Kebumian yang pada awal kelahirannya memiliki formasi 40 % geologi dasar, ternyata sangat relevan dengan pembelajaran Geografi SAMA pada KD tentang "Dinamika Litosfer dan pengaruhnya terhadap kehidupan." Belum lagi bidang Hidrologi, Meteorologi, Klimatologi serta Kartografi pada mata lomba kebumian beririsan dengan materi pembelajaran Geografi SMA pada materi pembelajaran yang dikaji di KD tentang "Dinamika hodrosfer dan dinamika atmosfer serta pengaruhnya pada kehidupan.'

Pada silabus bidang Geografi apalagi, ap yang tidak ada, walau hanya dasar-dasarnya saja. Sehingga  terpampang jelas IRISAN MATERI diantara bidang lomba tersebut semakin kentara, tatkala memeriksa lembar-lembar arsip naskah soal kedua mata lomba sains siswa/i SMA tersebut dari tahun ke tahun.

Pemilihan bidang lomba diantara kedua lomba oleh siswa/i pun menggambarkan trend dan karakteristik berpikir mereka. Trend sementara ini menunjukkan bahwa mata lomba KEBUMIAN lebih menarik siswa IPA dibanding IPS, sedangkan mata lomba GEOGRAFI lebih digandrungi siswa/i IPS dari pada siswa/IPA.

Kelanjutan kedua mata lomba inipun ke tingkat yang lebih tinggi Internasional pun berbeda nama pelaksanaan kegiatannya. Mata lomba KEBUMIAN Internasional dikemas dalam kegiatan IESO (Internasional Earth Science Olympiade), sedangkan GEOGRAFI dikemas dalam kegiatan Sub Internasional Olympiad, yang dikenal dengan istilah IGO (Internasional Geography Olympiad).

Bersambung.

86 comments:

  1. Nama:Ita Syafitri Farahmita
    Kelas:12 ips 4
    Mempelajari geografi sangat penting karena kita bisa mengetahui segala keadaan alam yg sedang terjadi, membuat kita lebih peduli dengan alam .mempelajari geografi sangat mendesak karena kondisi alam indonesia yg rawan bencana jadi kita bisa mencegah ataupun mengantisipasi dengan bencana alam.

    ReplyDelete
  2. Nama:Nazira Anya Aura
    Kelas : 12 Ips 4
    Pentingnya mempelajari geografi adalah untuk mengetahui letak suatu tempat yg tidak pernah ditempuh, mebgetahui kondisi cuaca,iklim, serta kondisi alam lainnya. Mendesaknya mempelajari geografi adalah untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam pada masyarakat.

    ReplyDelete
  3. Rista Akkadia Kamila XII IPS 3
    Pentingnya mempelajari ilmu geografi adalah Mengetahui tata letak, ruang lingkup geografi,Mengetahui struktur, lapisan bumi, angkasa,Lebih mendalami hal yang berhubungan dengan bumi kita. Dan Mengasah kecerdasan spasial.

    ReplyDelete
  4. Dinda putri zyakhna gading XII IPS 3
    penting nya mempelajar ilmu geografi untuk mengetahui tataruang mengenai bumi dari lapisan nya hingga fenomena alam

    ReplyDelete
  5. Azzah Nurlaela XII IPS 3
    Pentingnya mempelajari Geografi sangat penting yaitu untuk kita menjadi tahu letak sumber daya alam dan memanfaatkannya secara arif, serta mengetahui bagaimana kondisi alam Indonesia dan memberikan pembelajaran pada kita mengenai mitigasi untuk mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya bencana alam.

    ReplyDelete
  6. KHOTIMAH ROSDIANA XII IPS 3
    pentingnya mempelajari geografi adalah
    Menumbuhkan sikap dan mengasah kesadaran dan kepedulian terhadap
    lingkungan hidup dan sumber daya serta toleransi terhadap
    keragaman sosial-budaya masyarakat, Mengembangkan konsep dasar geografi yang berhubungan
    dengan lingkungan sekitar, dan wilayah,
    Dan Mengembangkan pengetahuan sumber daya alam, peluang dan
    keterbatasannya untuk dimanfaatkan.

    ReplyDelete
  7. Dhea Amala XII IPS 3
    geografi itu merupakan suatu pembelajaran penting karena mencakup atau berhubungan dengan planet kita yang disebut bumi.

    ReplyDelete
  8. Tasya ersa putri XII ips3
    Kita dapat memahami pola spasial, lingkungan dan kewilayahan serta
    proses yang berkaitan dan juga menguasai keterampilan dasar dalam memperoleh data dan informasi,
    mengkomunikasikan dan menerapkan pengetahuan geografi sehingga kita menjadi tahu letak sumber daya alam dan memanfaatkannya secara arif.

    ReplyDelete
  9. Masria cahyani 12 ips 3
    Kita dapat mengetahui keadaan alam dan keadaan sosial suatu wilayah

    ReplyDelete
  10. Nama : syifa maharani bidayatulfarhah
    Kelas : 12 ips 3
    Pentingnya mempelajari geografi kita dapat mengetahui fenomena dan kondisi alam di sekitar kita dan kita juga dapat mempelajari tentang mitigasi bencana, karna indonesia berada di kawasan yang rawan bencana alam dengan adanya pelajaran geografi bisa membuat siswa/i dapat meminimalisirkan dampak dari bencana alam yang terjadi pasca bencana atau pada saat prabencana

    ReplyDelete
  11. Ratna dwi nur alviani XII ips 3
    Pentingnya mempelajari ilmu geografi ialah untuk mengetahui jarak tempuh, mengetahui letak" struktur lapisan bumi bisa mengetahui kondisi cuaca dan iklim saat ini terjadi maupun mengetahui dan ngantisipasikan terjadinya bencana

    ReplyDelete
  12. M.Filah.Ramdan.S
    geografi sangat penting karena kita akan mengetahui struktur lapisan bumi,fenomena bumi yang ada di kondisi kiya

    ReplyDelete
  13. Rahma Aulia XII IPS 4
    Dengan adanya lomba bidang geografi dan kebumian bisa meningkatkan daya belajar murid agar mendapatkan juara, dan itu sangat bagus. Dengan adanya ilmu geografi, para murid bisa lebih mengetahui material-material yang ada di bumi.

    ReplyDelete
  14. Nama: Rhorissa gusrianti darmawan
    Kelas: XII IPS 4
    Pentingnya mempelajari geografi adalah untuk mengetahui iklim cuaca dan keadaan alam lainnya agar kita lebih mengetahui apa saja yang ada di bumi, mempelajari geografi sungguh mendesak untuk mengetahui bencana alam apa saja yang akan terjadi, dan bagaimana caranya kita menghindari bencana alam yang akan terjadi nanti.

    ReplyDelete
  15. Bunga Putri 12 IPS 4
    Penting nya mempelajari geografi ialah untuk mengetahui letak astronomi dan letak absolut,mengetahui lapisan bumi,mengetahui kondisi dan fenomena alam yang terjadi di indonesia,karena indonesia berada dalam kawasan rawan bencana karena berada di kawasan 3 lempeng besar dunia,sehingga pelajaran geografi mengkaji mitigasi bencana agar masyarakat dapat meminimalisir dampak dari bencana alam yang terjadi.

    ReplyDelete
  16. Nama: Zahra Nur Azizah
    Kelas: XII IPS 4
    Pentingnya mempelajari geografi yaitu sangat penting untuk mengetahui tentang letak geografis Indonesia,dan mengetahui letak sumber daya alam serta mengetahui tentang cara memanfaatkan sumber daya alam.
    Mendesaknya mempelajari geografi adalah untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam dan mengetahuinya tanda-tanda bencana alam yang akan terjadi.

    ReplyDelete
  17. Nama : Salsabila Khoirunnisa
    Kelas: 12 IPS 4

    Pentingnya mempelajari geografi adalah untuk mengetahui struktur bumi yang kita tempati, dan ilmu tentang bencana yang menyertainya agar kita mengetahui bagaimana untuk mencegah dan menanggulanginya maupun tentang kependudukan. Dan ilmu yang didapan bisa di terapkan dalam kehidupan

    ReplyDelete
  18. Nama : Samira Nur Eka K.S
    Kelas: 12 Ips3

    Mempelajari ilmu geografi tentunya sangat penting bagi kehidupan masing masing individu maupun kelompok,dari ilmu tersebut lah kami dapat mengenal penciptaanNya dalam segala bentuk yang tergambarkan dan tertera di bumi,karena daalm pembelajaran geografi pun kita dapat menyalurkan rasa bersyukur atas keindahan penciptaannya tentang bumi.
    Dari mulai pembentukan bumi dengan berbagai teori yang dikemukakan maupu bencana alam yang dibahas dari berbagai sudut. Sungguh sangat penting untuk mepelajari ilmu geografi dan sangat bermanfaat bagi kita sendiri dan juga sebagai cara lain untuk bersyukur

    ReplyDelete
  19. Nama :Theresa Margaretha Lumban Gaol
    Kelas : 12 Ips 3
    Manfaat belajar geografi yaitu untuk mengetahui letak indonesia secara geografis dan absolut juga kita bisa menambah wawasan tentang bagaimana kita mengurangi kerugian apabila ada bencana alam yang terjadi

    ReplyDelete
  20. Nama : Muhamad Esa Ramadhan
    Kelas : 12 IPS 3
    Mengapa saya mempelajari geografi karena didalam pelajaran geografi terdapat maupun terkandung manfaat didalamanya seperti bisa lebih detail mengetahui letak indonesia dengan mengetahui antara lain kontur tanah di wilayah/provinsi yang ada di wilayah indonesia nah dengan ini kita bisa mengupayakan bencana alam dengan meminimalisir/mencegah terjadinya bencana alam seperti longsor yang terjadi akibat hilangnya terasering di sawah akibat diadakan pembangunan karena banyaknya penduduk tetapi lahan yang tersedia tetap tidak bertambah sehingga tidak seimbang antara penduduk dan lahan yang dibutuhkan nah dari sini kita bisa lebih dalam/detail dengan mempelajari materi kependudukan yang di pelajari di pelajaran geografi ada juga contoh lain yang masih berhubungan dengan salah satu materi yang ada di geografi yaitu kependudukan, pemerintah melakukan program KB didalam rumah tangga nah kita jadi tahu bahwa yang dilakukan pemerintah tidak semata-mata hanya program abal” tetapi bisa meminimalisir bertambahnya penduduk agar tidak kelebihan tetapi sesuai dan seimbang dengan wilayah/ lahan yang ada di provinsi nya masing”. terimakasih

    ReplyDelete
  21. Nama :Damara az zahra H
    Kelas :12 Ips 3

    Pentingnya mempelajari ilmu geografi karena berhubungan dengan lingkungan sekitar,Fenomena alam,dan mengembangkan pengetahuan sumber daya alam,peluang dan keterbatasannya untuk dimanfaatkan.

    ReplyDelete
  22. Nama : Siti Aminah
    Kelas : XII IPS 3

    Geografi merupakan ilmu yang mengajarkan bagaimana memandang fenomena dari berbagai sudut pandang (berpandangan luas), mengajarkan pola pikir yang terencana dan sistematis dan senantiasa memandang fenomena yang terjadi berdasarkan landasan-landasan tertentu.
    Pada era globalisasi saat ini, keberadaan pendidikan geografi dirasakan semakin penting untuk mendorong siswa tidak hanya menjadi warga suatu negara, tetapi juga menjadi warga dunia/global. Dalam konteks kehidupan global dengan kemajuan yang tinggi dalam bidang informasi dan komunikasi mata pelajaran ini dirasakan semakin penting peranannya. Geografi tidak hanya menekankan pada aspek hafalan-hafalan tempat, ruang, penduduk dan interaksinya, seperti yang terjadi di sekolah selama ini, tetapi juga menyiapkan peserta didik yang cakap berpikir dalam pemecahan masalah (skills), dan memiliki sikap dan nilai-nilai positif (attitudes and values) terhadap aspek-aspek manusia dan lingkungannya untuk mendukung kehidupannya di masa kini maupun di masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  23. Nama :Inayah Cahya K.
    Kelas :12 IPS 3
    Manfaat belajar geografi diantaranya mengetahui bagaimana suatu fenomena dapat terjadi, baik fenomena alam maupun sosial. seperti kita dapat mengetahui apa dampak dari suatu fenomena alam tersebut, lalu bagaimana cara mengatasi, menganggulangi, bahkan meminimalisir dampaknya. selain itu menambah wawasan tentang pengembangan potensi sumber daya alam yang ada. serta memberikan pembelajaran bahwa suatu fenomena yang terjadi bukan seolah-olah terjadi begitu saja, namun ada penyebabnya. dan agar kita senantiasa bersyukur atas ciptaan tuhan YME

    ReplyDelete
  24. Nama : CALISTA DIVA CK
    Kelas : XII IPS 1

    Menurut saya belajar geografi itu penting karena sebagai sarana ilmu pengetahuan, serta sebagai kajian tentang keadaan permukaan bumi yang merupakan tempat berpijak dan Memberikan Informasi tentang Pemetaan Daerah Rawan Bencana.

    ReplyDelete
  25. Nama : CALISTA DIVA CK
    Kelas : XII IPS 1

    Menurut saya belajar geografi itu penting karena sebagai sarana ilmu pengetahuan, serta sebagai kajian tentang keadaan permukaan bumi yang merupakan tempat berpijak dan Memberikan Informasi tentang Pemetaan Daerah Rawan Bencana.

    ReplyDelete
  26. Nama:line aliane
    Kls:12ips3
    Menurut saya belajar geografi itu penting karena kita dapat mengetahui masalah iklim, suhu, dan Mengetahui tata letak, ruang lingkup geografi Mengetahui struktur, lapisan bumi, angkasa Lebih mendalami hal yang berhubungan dengan bumi kita dan Mengetahui cuaca, curah hujan, persebaran penduduk

    ReplyDelete
  27. Variza Laudya April 12.7

    menurut saya, belajar geografi itu sangat penting dan memiliki segudang manfaat. kita dapat mengasah kecerdasan spasial. geografi juga membantu seseorang mengasah keterampilan memahami, menguasai, mengelola, dan mengoptimalkan ruang. Dengan geogerafi, kita juga akan mengetahui banyak lokasi-lokasi di permukaan bumi dan membaca peta dengan baik. keterampilan dalam disiplin ini juga dapat mengarahkan kita untuk memprediksi fenomena di masa depan dengan melihat pola yang terjadi di masa kini.

    ReplyDelete
  28. Nadya Shafwah
    12.7

    pentingnya mempelajari geografi kita bisa mengetahui fenomena dan kondisi alam disekitar kita, kita juga jadi mengetahui tata letak, ruang lingkup geografi, mengetahui lapisan bumi hinggs fenomena alam.

    ReplyDelete
  29. Ladifa Olwi 12.7

    Geografi dan kebumian sangatlah penting untuk dipelajari. Terutama geografi yang cakupannya sangat luas, ada fisik, sosial dan juga teknologi. Saya yakin geografi tidak akan pernah tertinggal oleh zaman.

    ReplyDelete
  30. Intan Dewi Prameswari 12.7

    Belajar geografi memiliki karakteristik yang dapat bersifat eksak dan sosial, yang mencerminkan kompleksitasnya sebagai disiplin ilmu.

    ReplyDelete
  31. Yasinta Amara 12.7
    Menurut saya belajar geografi sangat berguna bagi kita semua karena dengan belajar geografi kita bisa mengetahui berbagai hal seperti bencana alam ataupun sosial dan mempelajari banyak sekali ilmu tentang bumi Ini

    ReplyDelete
  32. Najmi Zahra Aulia 12.7
    Menurut pendapat saya tentang ilmu geografi, ilmu geografi itu selain pengetahuannya yang lekat dengan kehidupan kita sehari-hari dapat juga membantu kita memahami sistem-sistem kehidupan yang ada di sekitar. Dalam geografi juga kita membahas tentang semua bentang lahan yang bersifat fisik maupun sosial, dapat membantu kita untuk memanfaatkan sumber daya yang dihasilkan dari suatu daerah juga, selain itu ilmu geografi ini bermanfaat untuk memprediksi bencana yang akan datang dan mampu mengantisipasi kerugian yang akan ditimbulkan. Maka dari itu, ilmu geografi ini harus terus kita pelajari.

    ReplyDelete
  33. Geografi membantu manusia memahami sistem kehidupan di sekitar. Contoh nyatanya adalah mampu memprediksi bencana yang datang dan mengantisipasi kerugian jiwa dan materi. Mempelajari berbagai jenis alam yang tersedia di Bumi dan memaksimalkannya sesuai fungsinya.
    MUCHAMMAD ALIFIAN HAFIDZ FALLAH 12.7

    ReplyDelete
  34. Shafwan Khairy 12.7

    Belajar geografi bermanfaat untuk mengetahui letak indonesia secara geografis dan absolut juga kita bisa menambah wawasan tentang bagaimana kita mengurangi kerugian apabila ada bencana alam yang. seperti kita dapat mengetahui apa dampak dari suatu fenomena alam tersebut, lalu bagaimana cara mengatasi, menganggulangi, bahkan meminimalisir dampaknya. selain itu menambah wawasan tentang pengembangan potensi sumber daya alam yang ada. serta memberikan pembelajaran bahwa suatu fenomena yang terjadi bukan seolah-olah terjadi begitu saja, dan pastinya agar kita senantiasa bersyukur atas ciptaan Allah SWT.

    ReplyDelete
  35. Saya Arzanela Riva kelas 12.7 menyetujui pernyataan ini bahwasannya ilmu geografi dapat mempelajari tentang fenomena geosfer. Ilmu ini tidak sebatas mengkaji soal fenomena alam yang terjadi di permukaan Bumi, melainkan turut membahas tentang manusia beserta perilakunya. Juga ilmu lain selain geosfer, yaitu mempelajari tentang bencana dan mitigasinya, tata ruang dan wilayah, sumber daya alam dan lainnya yang sangat bermanfaat bagi manusia untuk menuntun kehidupannya

    ReplyDelete
  36. Raisha Nursandrina 12.7
    Pentingnya mempelajari geografi karena Geografi adalah studi tentang tempat, lanskap, lingkungan, dan orang, dan bagaimana mereka saling memengaruhi dari waktu ke waktu hingga menjadi seperti sekarang ini. Ini menggabungkan ilmu alam (geografi fisik) dan ilmu sosial (geografi manusia) dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh bidang sains lain. Untuk mempelajari dan memahami bagaimana sistem fisik dasar dunia bekerja dan memengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Misalnya, peran matahari dalam menyediakan panas dan kehidupan di bumi serta bagaimana angin dan arus laut memengaruhi cuaca.Ini tidak hanya membantu kita memprediksi dan mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk cuaca buruk, tetapi juga bagaimana kita dapat menggunakan sumber daya bumi untuk keuntungan kita. Maka dari itu ilmu geografi ini sangat penting bagi kehidupan manusia dan seisinya.

    ReplyDelete
  37. alya zia fachira 12.7July 26, 2023 at 11:24 AM

    Alya Zia Fachira 12.7
    Mempelajari ilmu geografi tentunya sangat penting bagi kehidupan masing masing individu maupun kelompok,dari ilmu tersebut lah kami dapat mengenal penciptaanNya dalam segala bentuk yang tergambarkan dan tertera di bumi, karena dalam pembelajaran geografi pun kita dapat menyalurkan rasa bersyukur atas keindahan penciptaannya tentang bumi. Dari mulai pembentukan bumi dengan berbagai teori yang dikemukakan maupun bencana alam yang dibahas dari berbagai sudut. Sungguh sangat penting untuk mepelajari ilmu geografi dan sangat bermanfaat bagi kita sendiri dan juga sebagai cara lain untuk bersyukur.

    ReplyDelete
  38. Asyawa Phoebee Nastiti 12.7
    Pentingnya belajar geografi yakni Geografi melatih manusia untuk melakukan orientasi di bumi sebagai tempat tinggalnya dan memproyeksikan dirinya dalam ruang. Orientasi dan proyeksi tersebut meliputi semua unsur ruang, yaitu arah, jarak, luas, dan bentuk. sehingga kita manusia tidak abai dengan lingkungan sekitar kita.

    ReplyDelete
  39. Syifa Nur Alifah
    pentingnya mempelajari geogragi adalah bahwa geografi merupakan hubungan secara khusus gejala-gejala di permukaan bumi fenomena Geosfer, baik yang bersifat fisik maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, lingkungan, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan. Dengan mengetahui persamaan dan perbedaan fenomena geosfer yang terjadi di lingkungan kita, kita dapat mengetahui penyebabnya, masalah yang akan ditimbulkan, dan solusi yang dapat kita ambil untuk mengatasi masalah tersebut maupun mencegah jangan sampai terjadi dua kali dengan kejadian yang sama.

    ReplyDelete
  40. Muhammad Nur Falah
    12.7
    Belajar geografi memiliki manfaat dan urgensi yang penting dalam berbagai aspek kehidupan seperti pemahaman tentang lingkungan, pengelolaan sumber daya alam, pemahaman tentang perbedaan budaya dan masyarakat.
    Secara keseluruhan, belajar geografi memungkinkan kita untuk lebih memahami dunia di sekitar kita, menghargai keragaman manusia dan lingkungan, serta mengambil keputusan yang lebih cerdas dan berwawasan dalam menghadapi berbagai tantangan global.

    ReplyDelete
  41. Izin berkomentar,
    Saya rasa bidang kebumian hanya mempelajari geografi fisik cukup menjadi alasan mengapa lebih banyak digandrungi oleh anak IPA, karena bersifat tetap, ilmiah, dan tidak dinamis yaitu berubah-ubah seperti fenomena sosial. Sedangkan geografi mempelajari 3 cakupan yaitu geografi fisik, geografi sosial, dan geografi teknik. Geografi sosial sendiri berkesinambungan di jurusan IPS karena mempelajari fenomena sosial yang selalu berubah-ubah setiap tahun, untuk geografi fisiknya hanya ilmu dasar saja namun tetap penting untuk menjadi pengetahuan dasar bagi anak anak IPS.

    Rima Ramadhani Muchtar 12.7

    ReplyDelete
  42. Shahana Alysia Winatra kelas 12.7

    Sebetulnya, menurut saya geografi dan kebumian sama-sama membahas berbagai objek yang bersifat fisik seperti bentang alam dan iklim. Namun, kebumian cenderung memadukan disiplin ilmunya dengan ilmu astronomi, sedangkan geografi terkadang lebih terkait dengan disiplin ilmu yang berkaitan dengan kehidupan sosial, perencanaan wilayah, mitigasi bencana, dan perkembangan penduduk. Kemudian, saya berpikir jika geografi merupakan sebuah ilmu yang memiliki banyak pengaruh dan lebih mudah diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari, sebab alam dan manusia menjadi objek yang tidak dapat dipisahkan dalam ilmu geografi ini.

    ReplyDelete
  43. Kayundera Sukmanjani 12.7

    Mempelajari ilmu geografi sangatlah penting untuk kita, karna ilmu ini erat kaitannya dengan kehidupan sehari hari. dikarenakan geografi membahas tentang semua bentang lahan baik bersifat fisik maupun sosial, serta aksesibilitas dari wilayah yang ada di sekitar kita. Geografi juga sangat bermanfaat untuk tata guna lahan dalam kegiatan pertanian, dan pengenalan daerah-daerah pusat gempa sehingga dapat memitigasi hal-hal yang akan terjadi.

    ReplyDelete
  44. Arini febrianty saputra 12.7
    Mempelajari pelajaran geografi sangatlah penting dan berguna bagi kehidupan sehari hari ditambah lagi jika kita sudah menyukai mata pelajarannya akan terasa sangat menyenangkan saat kita mempelajarinya di geografi saya mendapatkan banyak sekali hal yang sebelumnya saya tidak tau seperti penanggulangan bencana, lapisan bumi dan lain lain yang dapat saya ambil manfaatnya dalam pelajaran geografi.

    ReplyDelete
  45. Muhammad Rizky Akbar 12.7
    Sebagai seorang siswa sekolah menengah atas, ada beberapa alasan penting mengapa mempelajari mata pelajaran geografi menjadi hal yang sangat relevan dan berharga dalam pendidikan kita. Berikut adalah beberapa alasan mengapa geografi memiliki peranan kunci dalam pembelajaran:

    - Memahami Dunia Tempat Kita Tinggal: Geografi membantu kita memahami dunia di sekitar kita, baik dari tingkat lokal hingga global. Kita dapat belajar tentang lokasi, bentang alam, dan iklim di berbagai wilayah. Ini membantu meningkatkan pemahaman tentang tempat-tempat di sekitar kita, budaya, dan cara hidup orang-orang di berbagai bagian dunia.

    - Kesadaran Lingkungan dan Isu-isu Global: Melalui mata pelajaran geografi, kita dapat memahami dampak manusia terhadap lingkungan. Kita akan belajar tentang isu-isu penting seperti perubahan iklim, keanekaragaman hayati, dan masalah lingkungan lainnya yang mempengaruhi kualitas hidup kita dan bumi secara keseluruhan. Dengan pemahaman ini, kita dapat menjadi generasi yang lebih sadar akan pentingnya pelestarian lingkungan.

    ReplyDelete
  46. Abira Handaru 12.7

    Menurut saya kenapa geografi menjadi hal yang sangat penting yaitu sebagai Geografi membantu kita memahami dunia di sekitar kita, baik dari tingkat lokal hingga global ini.lalu dapat mempelajari lokasi, bentang alam, dan iklim di berbagai wilayah dan juga Melalui mata pelajaran geografi, kita dapat memahami dampak manusia terhadap lingkungan ini.Di geografi ini kita belajar tentang isu-isu penting seperti perubahan iklim, keanekaragaman hayati, dan masalah lingkungan lainnya yang mempengaruhi kualitas hidup kita dan bumi secara keseluruhan.

    ReplyDelete
  47. Hilwa cantika 12.7

    Menurut saya mempelajari geografi adalah hal yang sangat penting, dimana kita bisa mengetahui hal hal yang di lakukan masyarakat luar, kita juga bisa mempelajari lebih dalam tentang isu isu yang sedang ramai. Kita juga bisa mengetahui tentang alam, mau itu tentang permasalahan alam ataupun yang lainnya.

    ReplyDelete
  48. Nama : marshela jihan Rhamandahani
    Kelas : 10.1
    Pentingnya mempelajari geografi karna dapat membantu kita mengetahui lokasi, kondisi dan sifat-sifat setiap negara yang berbeda-beda. Geografi membuat kita mengetahui ternyata banyak tempat dan kehidupan di belahan bumi lain. Geografi membuat kita sadar apa yang kita lakukan ternyata memengaruhi manusia, flora dan fauna di belahan bumi lain.

    ReplyDelete

  49. Nama :Muhammad Farrell Azqia
    Kelas : 10.1
    Menurut pendapat saya yaitu pentingnya mata pelajaran Geografi di semua tingkatan pendidikan dan program studi. Dalam konteks pembelajaran, penekanan diberikan pada beragam teknik penyajian untuk mencapai hasil optimal. Geografi dianggap sebagai studi holistik (cara pandang menyeluruh) yang membutuhkan pengetahuan dari berbagai mata pelajaran dan kemampuan mengaplikasikannya dalam memahami fenomena di permukaan bumi, isu-isu penting seperti perubahan iklim, keanekaragaman hayati, dan masalah lingkungan lainnya yang membutuhkan pelajaran geografi .

    ReplyDelete
  50. Vijna 10.1
    Dari beberapa kompetensi dasar yang diamanatkan kurikulum pembelajaran geografi di SMA saja, setidaknya terdapat beberapa kajian materil fisik bumi dan yang mempengaruhinya yang harus dituntaskan siswa/i dalam pembelajarannya.
    Lahirnya kedua mata lomba ini pun, semakin menegaskan bahwa Geografi memiliki kajian yang holistik, sehingga harus melibatkan kemampuan-kemmpuan dasar pengetahuan lainnya.

    ReplyDelete
  51. Nama:marsya arfa fadila
    kelas:10.1
    Geografi adalah ilmu yang mempelajari suatu wilayah dan interaksinya dengan makhluk hidup yang tinggal di sana. Secara garis besar geografi terbagi menjadi dua sudut pandang, geografi fisik dan geografi manusia.
    Kajian dalam mata pelajaran Geografi dimaksudkan agar manusia, baik sebagai individu maupun sebagai bangsa, dapat memahami tentang lingkungan negara dan bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa lain di dunia.

    ReplyDelete
  52. syahdan syaukani p 10.1
    menurut saya Ilmu geografi memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Geografi mempelajari interaksi antara manusia dan alam, serta mempelajari suatu wilayah dan interaksinya dengan makhluk hidup.
    Belajar geografi memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, seperti meningkatkan pemahaman tentang lingkungan, membantu perencanaan wilayah, dan mempersiapkan karier di berbagai bidang.

    ReplyDelete
  53. Nama: shilfia hamidah
    Kelas : 10.1
    Belajar geografi bagi anak SMA penting karena membantu mereka memahami struktur dan dinamika Bumi, termasuk iklim, tanah, dan pola distribusi manusia. Ini juga membuka wawasan terhadap keragaman budaya, ekonomi, dan lingkungan global, serta meningkatkan pemahaman terhadap isu-isu global seperti perubahan iklim dan keberlanjutan. Geografi membantu membentuk pemikiran spasial, keterampilan penelitian, dan pemahaman tentang hubungan antara manusia dan lingkungannya.
    Lalu bagi mereka juga bisa mengembangkan bakat akademik bagi siswa SMA yang tertarik pada bidang geografi menjadi prestasi olimpiade yang dimana hasilnya bisa mereka pergunakan untuk ke perguruan tinggi.

    ReplyDelete
  54. dhea sabna 10.1


    Geografi adalah Ilmu yang mempelajari segala aktifitas manusia dan alam serta interaksi diantara keduanya, serta persamaan, dan juga perbedaan antarruang melalui perspektif ruang hingga terbentuk pola ruang tertentu.

    terimakasih bapak atas ilmu nya , sukses selalu dan terus menjadi guru yang hebat

    ReplyDelete
  55. Nama: mizan rizki tsani
    Kls:11.1

    Teks diatas membahas pentingnya mata pelajaran Geografi di semua tingkatan pendidikan, dari dasar hingga menengah. Geografi tidak hanya membutuhkan pemahaman dari berbagai disiplin ilmu lainnya, tetapi juga memiliki kajian yang holistik yang melibatkan aspek fisik dan sosial. Melalui kompetisi seperti Olimpiade Sains Nasional, mata pelajaran Geografi dan Kebumian menjadi semakin diakui dan menunjukkan minat siswa dalam bidang tersebut. Di tingkat internasional, kegiatan seperti IESO dan IGO memperkuat pentingnya pemahaman geografi dalam konteks global.

    ReplyDelete
  56. MAHESA AJI PASYA . 11.9
    pentingnya mempelajari geografi adalah
    Menumbuhkan sikap dan mengasah kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan,dan juga karena membantu pemahaman tentang hubungan antara manusia dan lingkungan, dampak perubahan iklim, distribusi sumber daya alam, dan memahami variasi budaya di berbagai wilayah.Pemahaman Lingkungan: Geografi membantu memahami karakteristik fisik Bumi dan bagaimana manusia berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.Pemahaman Sosial dan Budaya: Memahami distribusi populasi, keberagaman budaya, dan perbedaan antarwilayah, membuka wawasan tentang masyarakat dan budaya di seluruh dunia.

    Pengelolaan Sumber Daya: Geografi membantu dalam pemahaman distribusi sumber daya alam, membantu pengelolaan yang berkelanjutan untuk kepentingan masa depan.

    Perencanaan Wilayah: Pemahaman geografis diperlukan dalam perencanaan kota, pembangunan wilayah, dan mitigasi risiko bencana.

    Hubungan Internasional: Geografi memberikan konteks penting untuk memahami hubungan antarnegara, perdagangan internasional, dan geopolitik.

    ReplyDelete
  57. Nama : Rozan raihansyah alfajry
    kelas : 11.1

    Artikel blog ini menekankan pentingnya pembelajaran geografi dan bagaimana hal itu relevan dalam konteks global saat ini. Geografi membantu kita memahami dan memanfaatkan sumber daya alam, dan juga memahami dan menangani perubahan iklim dan keberlanjutan. Selain itu, geografi juga membantu kita dalam komunikasi dan pemahaman antar budaya, yang sangat penting dalam era globalisasi. Oleh karena itu, saya setuju bahwa pendidikan geografi harus menjadi bagian integral dari kurikulum sekolah dan universitas.

    ReplyDelete
  58. Nama: Aditya Rahmansyah
    Kelas: 11.1
    Geografi penting di semua tingkatan pendidikan karena mengintegrasikan pengetahuan dari berbagai mata pelajaran. Pembelajaran Geografi memerlukan beragam teknik untuk hasil optimal. Karakteristik studi Geografi yang holistik menjadikannya relevan dalam olimpiade sains, khususnya bidang Geografi dan Kebumian. Ini menunjukkan irisan materi yang jelas antara keduanya. Pemilihan mata lomba oleh siswa mencerminkan tren dan karakteristik berpikir mereka, misalnya, siswa IPA cenderung memilih Kebumian, sementara siswa IPS lebih tertarik pada Geografi. Pada tingkat internasional, kedua mata lomba memiliki kegiatan tersendiri, menunjukkan pentingnya Geografi dalam ranah global.

    ReplyDelete
  59. Nama: panji anugrah pamungkas
    Kelas: GEOGRAFI 1 (11.1)
    Setelah saya membaca artikel tersebut yang membahas tentang pentingnya mata pelajaran Geografi di semua tingkatan pendidikan, menekankan perlunya beragam teknik pembelajaran untuk hasil optimal. Geografi memerlukan pemahaman dari mata pelajaran lain dan kemampuan menerapkannya dalam mempelajari objek kajiannya. Hal ini menggaris bawahi keseluruhan dan kompleksitas Geografi, bahkan saat memasuki ranah eksak. Dengan keterkaitannya pada bidang sains, seperti dalam Olimpiade Sains Nasional, Geografi menunjukkan keterkaitan yang holistik dengan disiplin ilmu lainnya. Artikel ini menyampaikan bahwa Geografi tidak hanya relevan dalam pembelajaran, tetapi juga memiliki keterkaitan yang erat dengan bidang sains lainnya, seperti bidang Kebumian. Hal ini memperkuat esensi Geografi sebagai studi yang penting dan menandakan betapa pentingnya peran Geografi dalam pemahaman dunia yang semakin kompleks ini.

    ReplyDelete
  60. nama : Aulia Berliani Ruswandi
    kelas : 11.1 (Geo 1)

    Pada teks diatas yang berjudul "Urgensitas Pembelajaran Geografi bagi Generasi Muda" dapat disimpulkan bahwa pentingnya mata pelajaran geografi dikalangan semua program studi. Karakteristik geografi sebagai kajian bernuansa teknik dan eksak, hingga lahirnya dua mata lomba yaitu Geografi dan Kebumian. Lomba olimpiade geografi dan kebumian ini diadakan dari mulai tingkat kota hingga internasional. Geografi dan kebumian menjadi mata pelajaran yang sangat dekat dan relavan dengan penerapannya di alam.

    Teks diatas sangat menarik dan menginspirasi, banyak kosa kata baru yang dapat di eksplor dan esensi akan geografi dan kebumian dapat disampaikan dengan menarik.

    ReplyDelete
  61. Nama: Reifan Alkahfi
    Kelas: 11.11
    Saya setuju dengan poin-poin di atas, karena saya percaya bahwa geografi adalah ilmu yang sangat relevan dan bermanfaat bagi generasi muda, khususnya di era globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat saat ini. Saya juga mengapresiasi usaha penulis dalam menyajikan artikel yang informatif, sistematis, dan mudah dipahami. Saya berharap artikel ini dapat menjadi inspirasi bagi guru-guru geografi dan siswa-siswa yang tertarik dengan geografi. 👍

    ReplyDelete
  62. Nama : Delia nurul
    kelas : 11.3 (geo.1)

    Penting karna Geografi adalah ilmu yang mempelajari suatu wilayah dan interaksinya dengan makhluk hidup yang tinggal di sana. Geografi juga mengkaji dan menelaah persebaran manusia serta kaitannya dengan lingkungan sekitar mereka, baik itu sosial, budaya, politik, ataupun fenomena alam. Dan bahkan pelajaran geografi juga telah ditetapkan sebagai pelajaran wajib pada pendidikan dasar. Pelajaran geografi juga mampu memprediksi bencana yang datang dan mengantisipasi kerugian jiwa dan materi. Mempelajari berbagai jenis alam yang tersedia di Bumi dan memaksimalkannya sesuai fungsinya.

    ReplyDelete
  63. Nama: Fahmi Hunafa
    Kelas: 11.12 (Geo 1)

    Mempelajari ilmu geografi adalah salah satu cara untuk mengenal lebih dalam tentang Bumi kita yang indah dan beragam. Ilmu geografi mempelajari segala sesuatu yang ada di Bumi, mulai dari flora, fauna, iklim, udara, hingga lapisan tanah dan laut. Ilmu geografi juga mempelajari hubungan timbal balik antara gejala-gejala dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di permukaan bumi melalui pendekatan keruangan, ekologi dan kewilayahan

    ReplyDelete
  64. Nama : Insan Kamil
    Kelas : 11.2 (GEO 1)

    Izin berkomentar:
    Geografi memegang peran krusial bagi generasi muda, membentuk pemahaman mendalam tentang lingkungan, iklim, budaya, dan ekonomi. Ini tidak hanya mengembangkan rasa peduli terhadap lingkungan, tetapi juga meningkatkan keterampilan analisis spasial dan kesadaran terhadap kompleksitas dunia. Dengan integrasi geografi dalam kurikulum, generasi muda dapat membangun perspektif global, kepekaan terhadap isu-isu global, dan kemampuan kritis untuk mengatasi tantangan masa depan, seperti perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan.

    ReplyDelete
  65. Nama: Fuad Zuzinul Fiqih
    Kelas: 11.12 (Geo1)

    Belajar geografi penting karena membantu memahami tentang peta, lokasi, iklim, dan kondisi geologis suatu daerah. Ini juga membuka wawasan tentang keragaman budaya, ekonomi, dan lingkungan di seluruh dunia. Geografi dapat membantu kita mengenali dampak manusia terhadap bumi dan merencanakan pengelolaan sumber daya secara berkelanjutan. Ini membantu meningkatkan pemahaman tentang hubungan manusia dengan lingkungan serta dampaknya terhadap ekosistem. Selain itu, pengetahuan geografi bermanfaat dalam mengatasi tantangan global, seperti perubahan iklim dan keberlanjutan sumber daya alam.

    ReplyDelete
  66. Nama: Tasya Aura Septiani
    Kelas: Geo 1 (11.1)

    Setelah membaca artikel diatas tentang “Urgensi pembelajaran Geografi bagi Generasi muda” dapat disimpulkan bahwa geografi memiliki peran penting disemua tingkatan mengingat karakteristiknya yang memerlukan integrasi dari berbagai mata pelajaran, lahirlah 2 mata lomba bidang geografi dan kebumian yang memperkuat bahawa pembelajaran Geografi mempunyai kajian yang holistik. Selain itu, kompetisi internasional (IESO dan IGO) menunjukkan pengakuan atas pentingnya kedua bidang studi ini dalam lingkup global.

    Materi diatas sangat menarik dan dapat mengetahui bahwa geografi dan kebumian saling berkaitan serta banyak kosa kata baru. terimakasih

    ReplyDelete
  67. Nama : Salsabila Azzahra Sughilar
    Kelas : 11.11 (Geo 1)

    Dari artikel di atas dapat di simpulkan bahwa, semakin pentingnya pembelajaran geografi di semua tingkatan sekolah, maka dari itu guru sebagai pengajar harus menerapkan sistem pembelajaran yang baik sehingga murid mendapatkan hasil yang optimal. Geografi adalah sebuah studi yang senantiasa memerlukan "intake", dan tidak aneh jika pembelajaran geografi yang sebelumnya bernuansa penelitian akan berubah menjadi nuansa eksak.
    Dalam kurikulum pembelajaran tercantum bahwa pembelajaran geografi hanya di perdalam saat SMA saja, dan terdapat kajian yang sangat lah menarik, yaitu mengkaji tentang fisik bumi.
    Dengan adanya pembelajaran geografi di tingkat SMA, maka lahirlah beberapa lomba, ada yang tingkat nasional hingga tingkat internasional, salah satu mata lomba tingkat internasional ialah IESO (internasional earth science olympiade), tapi perlu di garis bawahi Olimpiade IESO ini bukan Olimpiade geografi yang khusus, tetapi lebih mengkaji tentang bumi (Olimpiade Kebumian).

    ReplyDelete
  68. andya maudiana faza geo 1February 1, 2024 at 6:27 AM

    Geografi membantu manusia memahami sistem kehidupan di sekitar. Contoh nyatanya adalah mampu memprediksi bencana yang datang dan mengantisipasi kerugian jiwa dan materi. Mempelajari berbagai jenis alam yang tersedia di Bumi dan memaksimalkannya sesuai fungsinya.

    ReplyDelete
  69. Salwa siti nurfadilah 11.12
    Geografi 1
    Mata pelajaran geografi di berbagai tingkatan perlu lebih di upayakan untuk hasil yang lebih optimal. Peran geografi juga sangat penting mengingat indonesia merupakan negara yang sangat rawan akan bencana alam seperti gempa bumi, banjir, bahkan tsunami. Geografi dapat menjadi pengetahuan yang sangat bermanfaat dengan semua cabang ilmunya. Oleh karena itu, tidak aneh jika para pengajar mata pelajaran geografi mengadakan lomba tahunan seperti halnya Olimpiade Sain Nasional (OSN) dari mulai tingkat kota (OSK) hingga lolos ke tingkat dunia (Sains olympiade). Lahirnya mata lomba ini pun, semakin menegaskan bahwa Geografi memiliki kajian yang holistik, sehingga harus melibatkan kemampuan-kempuan dasar pengetahuan lainnya.

    ReplyDelete
  70. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  71. Nama: Balqis shakira 11.10
    Kelas: geografi 1
    Saya sangat setuju sekali dengan tema urgensitas pembelajaran geografi bagi generasi muda, karena semakin pentingnya mata pelajaran geografi di semua tingkatan dan semua program studi di pendidikan dasar hingga menengah. Karakteristik geografi sebagai sebuah studi yang senantiasa memerlukan "intake" siswa dari mata pelajaran lainnya serta kemampuan menggunakannya dalam mempelajari objek kajian geografi. Dan belajar geografi juga memiliki manfaat dan urgensi yang penting dalam aspek kehidupan seperti pemahaman tentang lingkungan, pengelolaan sumber daya alam secara keseluruhan geografi memungkinkan kita untuk lebih memahami lingkungan yang ada di sekitar kita

    ReplyDelete
  72. Geografi membantu kita mengetahui lokasi, kondisi dan sifat-sifat setiap negara yang berbeda-beda. Geografi membuat kita mengetahui ternyata banyak tempat dan kehidupan di belahan bumi lain. Geografi membuat kita sadar apa yang kita lakukan ternyata memengaruhi manusia, flora dan fauna di belahan bumi lain.

    ReplyDelete
  73. Muhamad Dava rizqi
    11.11 peminatan Geo 1

    membantu manusia memahami sistem kehidupan di sekitar. Contoh nyatanya adalah mampu memprediksi bencana yang datang dan mengantisipasi kerugian jiwa dan materi. Mempelajari berbagai jenis alam yang tersedia di Bumi dan memaksimalkannya sesuai fungsinya

    ReplyDelete
  74. muhammad afii ramadhan
    kelas:118
    geografi 1
    Geografi membantu kita mengetahui lokasi, kondisi dan sifat-sifat setiap negara yang berbeda-beda. Geografi membuat kita mengetahui ternyata banyak tempat dan kehidupan di belahan bumi lain. Geografi membuat kita sadar apa yang kita lakukan ternyata memengaruhi manusia, flora dan fauna di belahan bumi lain.12

    ReplyDelete

Terima kasih telah membacanya. Sangat saya hargai, jika anda mengisi kolom komentar disini.

Featured Post/ Posting Unggulan

Kualitas Soal Meningkat, Validitas Pembobotan Nilai Terdegradasi

  https://beritadisdik.com/news/kaji/kualitas-soal-memingkat--tapi-validasi-pembobotan-nilai-terdegredasi---tinjauan-atas-sistem-pembobotan-...