Blog of Geography Studi in SMA Negeri 1 Kota Sukabumi, Indonesia

GEOGRAPHY of SMA NEGERI 1 SUKABUMI

GEOGRAPHY of SMA NEGERI 1 SUKABUMI

Search This Blog

April 28, 2019

Perbedaan tekanan : Sebuah keteraturan alam dalam berbagai dinamika.

Satu Fenomena yang memicu berbagai fenomena-fenomena mengejutkan.
Hanya dengan satu fenomena umum, yakni perbedaan tekanan telah mengakibatkan perubahan lewat pergerakan material, baik berupa padatan, cair, maupun gas.
Pergerakannya bisa bermacam-macam arah, baik konveksi (vertikal), maupun adveksi (horisontal), ataupun. Yang lebih khusus juga bisa dalam proses pusaran (turbulensi). Turbulensi pun bisa memusat (sentripetal) atau memencar (sentrifugal).
Pada energi panas, listrik  yang merambat pada media penghantar biasa disebut sebagai konduksi.
Fenomena angin siklon dan anti siklon, pusaran dan semburan air serta runtuhan dan letupan, letusan dan ledakan adalah fenomena yg distimulan oleh perbedaan tekanan.
Pada konteks udara perbedaan ini ini juga sering melahirkan area yg disebut sebagai area barometrik maksimum dan barometrik minimum. Pada pola yang lebih luas, kartografi iklim malah bisa menggambarkan pola tersebut dan menghasilkan perhitungan gradien barometrik. Konsep fluida pun, sepertinya terpengaruh oleh perbedaan tekanan.
Seperti pada beberapa keadaan, secara umum kerapatan partikel (densitas) berbanding lurus dengan kemanan, sehingga kerapatan partikel ini pula yang sering memicu mobilisasi partikel tersebut menuju bagian yang berdensitas lebih rendah.
Pada beberapa studi sosial pun, mobilisasi manusia antar daerah menunjukkan fenomena yang disebabkan adanya (tekanan) pressure akibat (kerapatan/kepadatan) densitas.
#to_be_criticized
#Athur19
Glosarium :
#wind_pattern
#stream
#wave
#deldrum
#up_welling
#litifikasi
#sinkhole

1 comments:

  1. (delia geo peminatan 1)
    pelajaran nya enakk santaii mantap pak 😊🫰🏻

    ReplyDelete

Terima kasih telah membacanya. Sangat saya hargai, jika anda mengisi kolom komentar disini.

Featured Post/ Posting Unggulan

Kualitas Soal Meningkat, Validitas Pembobotan Nilai Terdegradasi

  https://beritadisdik.com/news/kaji/kualitas-soal-memingkat--tapi-validasi-pembobotan-nilai-terdegredasi---tinjauan-atas-sistem-pembobotan-...