A. PETUNJUK PENGGUNAAN UKBM
Seperti yang saya sampaikan pada semester-semester yang lalu, maka sangat penting, sekali lagi saya ingatkan, “sangat penting untuk memperhatikan hal-hal berikut ini .” (lihat,
bapak kasih bold untuk bagian ini, karena apa ?. PENTING BANGEETZZS! Jangan sampai terlewat membacanya).
1.
Baca materi
utama pada UKBM ini sampai tuntas (INGAT !
sampai TUNTAS)
2.
Ikuti langkah
– langkah yang terdapat pada kegiatan pembelajaran secara seksama, teliti, dan
berurutan. (shabar,
karena shabar itu awal kesuksesan).
3.
Selesaikan
setiap lembar pekerjaan yang diharuskan untuk dikerjakan pada setiap kegiatan
pembelajaran. (Nah, ini
syarat utama untuk mendapatkan nilai memuaskan).
4. Kalian boleh menanyakan
kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan dalam kegiatan pembelajaran pada UKBM
ini kepada guru bidang studi kalian (artinya, tidak hanya saat KBM saja).
5.
Kalian
kerjakan latihan – latihan yang telah disediakan pada UKBM ini dan
diperbolehkan mencari secara mandiri latihan soal yang lain pada sumber lain,
baik buku paket ataupun pembelajaran online. (ini asyik, tapi jangan sampai gagal
focus, kesana-kemari).
6. Lakukan pengukuran mandiri mengenai pencapaian kalian. (Istilah
kerennya EVADIR/ Evaluasi diri/ menilai diri-sendiri).
7. Apabila kalian merasakan sudah siap dan mencapai standar
pencapaian minimum kalian berhak mengajukan ujian atau evaluasi pencapaian
kompetensi (Perhatikan
Peta konsepnya, sekali lagi).
8. Apabila kalian mampu
mencapai Standar Ketuntasan Belajar Minimum, kalian berhak untuk melanjutkan ke
UKBM Selanjutnya. (Insya Allah, kalian dimudahkan, Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin.).
9. Tetap Semangat untuk Menjadi Yang Terdepan dan Terbaik dalam
Prestasi, karena kita SMANSA dan SMANSA itu, BEDA, BEDA dan JUARA !
SEMANGAAAAAT !!!!
10. Selamat Bekerja.
B. KEGIATAN PENDAHULUAN
Materi Pembelajaran kali ini meliputi
hal-hal mendasar yang harus anda ketahui yang berhubungan Konsep Wilayah
dan Kewilayahan dalam
Model Pembelajaran yang kita digunakan
adalah Problem Base Learning. (Pembelajaran Pemecahan Masalah). Model ini
cenderung dilakukan secara kelompok, maka jangan lupa, sebaiknya kalian selalu
bekerja dalam kelompok (3 orang). Anggota dan penamaan kelompok bisa meneruskan yang
lalu atau berubah. Sebagai salah satu alternatif, untuk mengingatkan pada
bahasan kita, maka kalian bisa memilih salah satu istilah yang harus kita
fahami pada materi ini ( Region/ wilayah, Spasial/ keruangan, Nodal/ pusat wilayah
fungsional, Hinter Land/ Penyangga, ).
Tugas-tgas bersama kalian, diantaranya memahami
secara substansial (intinya) definisi (batasan, pengertian) tentang segal
sesuatu secara konseptual segala sesuatu yang terurai dipaparan pertama. Faktual
adalah wacana (perbincangan) yang pernah, kadang-kadang, atau bahkan sering
kalian dengar, lihat, baca dan simak diberbagai media yang ada. Berhubung
semakin merebaknya keaneka-ragaman bentuk media, setidaknya untuk hal ini, jika
belum pernah, atau lupa menyimak. Bersiaplah di pencarian google engine atau
search engine lainnya untuk mulai menjelajah . Salah satunya Klik https://blog.ruangguru.com/konsep-wilayah-dan-perwilayahan Link ini merupakan hasil pencarian atas google search engine dengan keyword : “Perwilayahan di
Indonesia. Pilih
salah satu link yang bisa menjadi gerbang bagi anda untuk. Begitupun untuk
Fakta-fakta kekinian pada materi lainnya, jika berkenaan dengan faktual,
berarti kita harus menggunaan keyword pencarian yang menggunakan kata-kata yang
mengandung makan kekinian. Sebegai penegas, saya kasih anda beberapa istilah
yang berkenaan dengan istilah “faktual” ; aktual, saat ini, setahun ini, dekade
ini, fakta, peristiwa serta kata-kata lain yang relevan dengan hal kita cari.
Tentu hal ini bukan sesuatu yang baru
buat generasi anda, tapi kadang hal itu terlupakan, karena sudah diangaap
sangat “remeh-temehnya”. Ingat, banyak yang bekerja, tapi merka bekerja tidak
efektif (tepat sasaran, tepat guna) dan efisien (hemat waktu), karena mereka
melupakan atau manganggap remeh prosedur atau tahapan. Menaiki tangga
satu-persatu lebih menyelamatkan dari pada, kita melangkahinya secara melompat-lompat,
apalagi jika kita ingin mencapai puncak yang jaraknya cukup jauh, seperti
halnya menuju Pusat Situs Gunung Padang atau Stupa teratas dari candi
Borobudur.
Pada bagian kedua di Konseptual, serap
dengan seksama definisi, kategorisasi atau klasifikasi (jenis-jenis,
macam-macam, bentuk-bentuk) sampai dengan conth-contoh di lapangan.
Setelah membaca yang bersifat konseptual
tersebut, maka pada tahap akhir
Sekali lagi, ingat selalu tahapan-tahapannya !!!
Catatan Tambahan Penting !
Bapak sudah sediakan sebuah blog yang
cukup refresentatif untuk sumber data suplemen (pelengkap). Klik selalu ini
untuk tujuan tsb. https://adefathurahman.blogspot.com/ atau juga, jika ingin view yang maksimal di android, bisa
kunjungi link ini :
http://app.appsgeyser.com/5506541/GEOGRAPHY%20LEARNING%20Reference Jika pun tak
mendapatkan langsung suplemen di blog saya tersebut, jangan dulu keluar sebelum
kalian lihat di tool bar bagian atas
blog yang menyajikan link- link terpercaya sebagai suplemen bagi pembelajaran
Geografi di SMA.
0 comments:
Post a Comment
Terima kasih telah membacanya. Sangat saya hargai, jika anda mengisi kolom komentar disini.