SEMINAR PELAJAR UNGGULAN WILAYAH SUKABUMI - CIANJUR 2013


GOR SMANSA SUKABUMI : Sabtu, 04 MEI 2013


Pendidikan mempunyai peranan penting dalam menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan manusia, karena pendidikan pada dasarnya merupakan upaya menyiapkan peserta didik dimasa mendatang. Pendidikan juga merupakan proses pertumbuhan dimana individu diberi bimbingan untuk mengembangkan kemampuan, minat dan bakatnya, seperti tertuang  dalam tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha  Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Penyelenggaraan pendidikan yang dilaksanakan di Indonesia selama ini lebih banyak bersifat klasikal-massal, yaitu berorientasi pada kuantitas untuk dapat melayani sebanyak-banyaknya jumlah siswa. Kelemahan yang tampak adalah belum terakomodasikannya kebutuhan individual siswa di luar kelompok siswa normal. Oleh karena potensi siswa tidak dapat disalurkan atau berkembang secara optimal. Atas dasar pemikiran tersebut, SMA Negeri 1 Kota Sukabumi sejak tahun ajaran 2005/2006 merintis pelayanan belajar bagi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa, yang mendapat arahan dari Dirjen Dikdasmen dan Subdit PLB Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Dalam proses perjalanan selama tiga tahun terakhir dan dari hasil evaluasi, terdapat tuntutan untuk pengrekrutan siswa untuk program Cerdas Istimewa Bakat Istimewa  (CIBI) ini harus dilaksanakan sebelum pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru, ini dimaksudkan untuk penjaringan yang lebih optimal terhadap potensi-potensi siswa cerdas dan berbakat. Selanjutnya SMA Negeri 1 Kota Sukabumi menyelenggarakan Program Penelusuran Siswa Berprestasi (PPSB) sebagai program unggulan dalam pelaksanaan penyelenggaraan kelas Cerdas Istimewa dan kelas Bakat Istimewa bidang keagamaan, olah raga, dan seni.
Berkaitan dengan program penelusuran siswa berprestasi sebagai program unggulan dalam pelaksanaan penyelenggaraan kelas Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa serta sebagai implementasi dari visi SMA Negeri 1 Kota Sukabumi yakni “Unggul dan Terpadu Dalam Pengembangan Fikir, Dzikir dan Amal, serta memiliki komitmen yang tinggi dalam mewujudkan sekolah berbudaya lingkungan”, maka dirasa perlu adanya sebuah kegiatan yang dapat menjadi wadah sosialisasi program unggulan SMA Negeri 1 Kota Sukabumi tersebut kepada calon siswa-siswi SMA Negeri 1 Kota Sukabumi. Kegiatan Seminar Pelajar Unggulan ini diharapkan dapat menjadi wadah yang digunakan sebagai sosialisasi program di atas dan juga dapat dijadikan sebagai ajang silaturahmi antara pihak SMA Negeri 1 Kota Sukabumi, SMP dan MTS yang menjadi sumber dan calon siswa siswi SMA Negeri 1 Kota Sukabumi serta para alumni SMA Negeri 1 Kota Sukabumi yang telah berhasil dan berprestasi dalam bidang akademik, keagamaan, olah raga, maupun seni, baik dalam skala nasional, maupun internasional.
Berdasar pada latar belakang tersebut diatas, maka inovasi yang dilakukan oleh SMANSA Kota Sukabumi tahun ini, pada proses PPSB untuk mengisi kuota Kelas CIBI tahun ini adalah tahapan sosialisasi yang berbentuk kegiatan Seminar Pelajar Unggulan yang akan dihadiri sisiwa/i berprestasi tingkat SMP/M.Ts. dari wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi serta Kabupaten Cianjur.
.      Program kerja KESISWAAN tahun 2012 - 2013
2          .      Program kerja RENBANG tahun 2012 – 2013
3          .      Program kerja HUMAS tahun 2012 - 2013
4          .      Program kerja KURIKULUM tahun 2012 - 2013

Bentuk dari kegian ini adalah seminar sehari dengan pembicara berasal dari alumni SMA Negeri 1 Kota Sukabumi yang telah berhasil dalam berbagai bidang dengan Pembicara Utama : Laksamana Muda Taufiqurrahman dan Prof. DR. Ahmad Sulaeman, M.Sc. Alumni SMANSA 1981.
Tema dari kegiatan ini adalah “Dengan Seminar Pelajar Unggulan (SPU) 2013 Kita Cetak Peserta Didik  Berprestasi Mendunia”

Tujuan diadakan kegiatan ini, diantranya untuk :
- osialisasi program kelas program Cerdas Istimewa/Bakat Istimewa di SMA Negeri 1 Kota Sukabumi.
2          - Silaturahmi antara pihak SMA Negeri 1 Kota Sukabumi, SMP dan MTS yang menjadi 
              sumber dan calon siswa siswi SMA Negeri 1 Kota Sukabumi serta para alumni SMA 
             Negeri 1 Kota Sukabumi yang telah berhasil dan berprestasi dalam bidang akademik, seni
             dan olahraga baik dalam skala nasional maupun internasional.


Peserta kegiatan ini adalah siswa-siswi berbakat dan unggul dari SMP dan MTS kelas IX pada tahun 2012-2013 dari Kota dan Kabupaten Sukabumi.
 Kegiatan Seminar Pelajar Unggulan ini akan dilaksanakan pada :
Hari Pelaksanaan           : Sabtu, 4 Mei 2013
Waktu Pelaksanaan       : 08.00 – 14.15 WIB.
Tempat Pelaksanaan      : Gedung Olahraga SMAN 1 Kota Sukabumi