Blog of Geography Studi in SMA Negeri 1 Kota Sukabumi, Indonesia

GEOGRAPHY of SMA NEGERI 1 SUKABUMI

GEOGRAPHY of SMA NEGERI 1 SUKABUMI

Search This Blog

June 24, 2023

Sporadis Mengintegrasikan Jejaring Berbasis e-mail di Dunia Maya


 


Sejak memulai pendaftaran , akun di e-mail pertama kali, saat itu Yahoo Mail pada tahun 2004an secara sporadis saya mengikuti berbagai halaman sosial media gratisan sebagai sarana berkomunikasi dengan siswa, orang tua siswa, rekan sejawat guru serta para Alumni.

Jejak digital itu pun beberapa telah menjadi limbah yang tak terpakai, karena pihak penyedianya menghentikan layanannya. Teringata pada akun panoramio yg menjadi alat saya untuk place mark di Google earth, layanan akun path serta friendster yang hilang tak terdeteksi. Peristiwa ini bersamaan pula dengan pemberhentian layanan gratis flash yang biasa saya gunakan untuk menjalankan media animasi yang saya dapatkan dari berbagai training dan workshop.

Pernah juga menjadi barisa.  dari pengikut pertama aplikasi sosmed lokalan, buatan siswa SMP Indonesia yang menyerupai Facebook, yakni Salm Sapa.

Semua dilakukan dalam rangka membekali diri sebagai mediator pendidikan sekolah menengah yang secara otomatis harus siap melakukan komunikasi intensif dengan para belia milenia.

Alhamdulillaah, walau tidak optimal. tapi minimal beberapa fasilitas gratisa. tersebut .asih bisa bermanfaat digunakan dalam proses belajar-mengajar seperi halnya blog ini dan YouTube channel, Facebook, Instagram slides harese, LinkedIn serta yang terbaru saya buat, yakni Tiltok. Belum termasuk akun Google map, Google +, Google talk serta chatt mail Yahoo dll.

"Jejak digital" yang bernuansa pendidikan lah, tentunya yang saya harapkan tetap bertahan di "cloud" dan setidaknya menjadi konstribusi kecil perjalanan jelajah seorang guru di dunia maya. 

selengkapnya di Link : https://www.kompasiana.com/adefathurahman/64964b7210d8e0169e7e99b3/gerakan-sporadis-di-cloud-sebagai-sarana-komunikasi-dan-jejak-digital


0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah membacanya. Sangat saya hargai, jika anda mengisi kolom komentar disini.

Featured Post/ Posting Unggulan

Kualitas Soal Meningkat, Validitas Pembobotan Nilai Terdegradasi

  https://beritadisdik.com/news/kaji/kualitas-soal-memingkat--tapi-validasi-pembobotan-nilai-terdegredasi---tinjauan-atas-sistem-pembobotan-...