Sesuai dengan meningkatnya permintaan dan yang bersejajaran dengan tingkat persaingan diantara penyedia hotel, maka pengusaha hotel sudah semestinya memperhatikan media website sebagai alat penjualannya. Tentu saja hal yang harus dilakukan meliputi kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanannya sehingga dapat menciptakan kepuasan dan loyalitas konsumennya. Yang lebih spesifik-praktisnya, para user memerlukan Hotel Murah dengan kualitas terbaik. Tentu saja merupakan Hotel Terdekat dari destinasi yang sedang dikunjungi, baik kunjungan wisata, kedinasan, ataupun acara keluarga yang sedang dilaksanakan oleh para user.
Beberapa manfaat
website bagi perusahaan antara laindapat meningkatkan visibilitas perusahaan, memberikan infromasi terkait produk dan jasa perusahaan secara mendetail, memudahkan pelanggan menghubungi,
dan meningkatkan kualitas layanan pelanggan.
Pemenuhan Kebutuhan
atas faktor-faktor tersebut guna tercapainya kepuasan dan loyalitas konsumen
harus dikemas dalam satu teknologi informasi yang mumpuni. Kehadiran sebuah
website yang mewakili kebutuhan penyampaian informasi secara cepat dan tepat
tentu saja sangat diperlukan para pengusahaa hotel dan hunian lain sebagai
bagian dari perluasan jaringan periklanan yang bisa menjangkau user diberbagai
belahan dunia.
Maka kehadiran Website
yang telah teruji mampu memanfaat SEO denga baik seperti halnya website yang
sudah handal sekelas Hotel.co.id. menjadi bagian dari kebutuhan jasa perhotelan
disaat ini. Kebutuhan yang menjadi sebuah keniscayaan bagi hotel-hotel dan
hunian-hunian destinasi sementara para wisman pada era digital saat ini.
Kebutuhan terpenuhinya
kepuasan user perhotelan tentu saja tidak hanya terkait dengan manajement
hunian didestinasi user, melainkan juga
pada kecepatan (speed) mendapatkan berbagai informasi yang didapatkan dari
penyedia informasi berbasis web yang komprehensif sekelas Hotei.co.id.
Pertanyaan yang harus dijawab
kemudian adalah : “Level seperti apakah Situs Hotel.co.id dan apa yang
melatar-belakangi pentingnya memilih situs berlevel untuk promosi sebuah hotel
atau yang sejenis?’
Tentu saja, pada
umumnya para penjelejah informasi dijejajring internet akan senantiasa
bersentuhan secara intensif dengan “Serch Engine” pilihannya. Katakanlah, jika
seorang penjelajah memiliki kebiasaan uji komparasi tentang akuntabilitas
sebuah informasi dengan cara menggunakan hasil jelajah lebih dari satu “Search
Engine” (google, yahoo, bing dan yang sejenis lainnya), maka sebuah situs
selevel Hotel.co.id harus tampil di page pertama di lebih dari 1 Search Engine
saja. Lebih akuratnya lagi, jika Situs yang memuat promosi itu berada di garis pertama.
Mungkin saja menjadi
sebuah tantangan sekaligus peluang bagi
Situs Hotel.co.id untuk menjadi situs yang “terfamous” di jejaring, mengingat
jejaring internet saat ini sudah menembus batas Negara, sehingga keberadaan
situs-situs sejenis yang berskala international yang sudah terlebih dahulu
hadir akan mengupayakan hal serupa melalui Tim SEO nya masing-masing. Terdapat
beberapa situs sejenis Hotel.co.id yang cukup familiar hadir dihadapan para
penjelajah di jejaring internet yang berkenaan dengan “keyword” yang dipakai,
bahasa pilihan pada Search Engine serta label negara yang melengkapi keyword
hotel, semisal Hotel di Indonesia.
Hal terpenting adalah
jumlah rekanan yang mempercayakan iklannya di situs sejenis Hotel.co.id adalah teknik
SEO, terutama pada jumlah/ intensitas up load content serta penggunaan hastag
yang memiliki urutan teratas di berbagai search engine. Sepertinya Tim SEO dari
Hotel.co id tentunya sudah mempersiapkan hal tersebut secara matang.
Beberapa hal lain yang
menjadi perhatian Tim SEO Hotel.co.id untuk mengoptimisasi layanan informasi
perhotelan dan hunian lainnya sudah barang tentu mempertimbangkan keterkaitan
dan penempatan iklan-iklan yang menempatkan situs dibaris dan halaman pertama
search engine. Pengaitan iklan serta penempatan iklan yang tepat,walau
merupakan pengetahuan tahapan awal bagi pengelola situs, akan tetapi hal
tersebut bukan hal yang bisa diabaikan. Setidaknya langkah-langkah tersebut
bisa menjadi pilihan kedua teridentifikasinya situs yang dikelola pada halaman
yang menampilkan situs terkait di baris pertama hasil pencarian search engine.
Hal terakhir yang bisa
diupayakan dan bisa jadi merupakan hal utama yang membuat situs semacam
Hotel.co.id adalah peamsangan Apk Android yang menyasar para penjelajah
jejaring dunia maya di “moile phone” mereka. Sebuah langkah yang memang
seharusnya dilakukan para pengembang situs selevel Hotel.co.id di era digital
yang memaksa pelaku berbagai lapisan yang tentunya bukan hanya bisa meningkatkan
trafik, akan tetapi diharapkan mampu
menjaring penjelajah-penjelajah informasi perhotelan dan hunian destinasi
kedinasan, ataupun wisata pemula. Peluang inilah yang sejalan dengan jawaban
penyedia situs terhadap semakin meningkatnya ketergantungan masyarakat akan
layanan jejaring dunia maya guna memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya,
khususnya bidang perhotelan dan hunian lainnya, baik untuk tujuan
kedinasan, keluarga, maupun wisata.
Pada kebutusan wisata
yang meliputi wisata yang bersifat studi, budaya, maupun “healing”atau “leisure”
tentunya situs semacam Hotel.co.id sudah hadir di aplikasi sosmed semacam
Instagram, maupun facebook. Akan lebih baik lagi, jika hadir juga di sosmed
yang sedang menggejala pada para milenia Indonesia semacam Tiktok dan Hello.
Akhirnya, berdasarkan
hasil uji coba Serach Engine Google dan Yahoo yang saya lakukan yang berbasis Pilihan
Bahasa Inggris, maupun Indonesia secara objektif, walau sangat dipastikan
kurang berkenan, saya sampaikan bahwa hasil pencarian situs Hotel.co.id pada
kedua Search Engine tersebut belum menduduki Baris pertama, bahkan di halaman
pertama yang memuat sekitar 8 sampai 10 situs hasil pencarian umum (bukan
pencarian khusus video, image, buku dll.).
Saya pun masih mempertanyakan validitas hasil pencarian saya tersebut diatas mengingat keterbatasan pengetahuan saya mengenai SEO, maupun dunia Teknologi Informasi secara lebih mendalam. Setidaknya saya berharap artikel ini bisa menjadi pustaka bagi Hotel.co.id, walau menjadi bagian yang terakumulasi sebagai analisis yang salah.
Sukabumi, Juni 2023
0 comments:
Post a Comment
Terima kasih telah membacanya. Sangat saya hargai, jika anda mengisi kolom komentar disini.