Disusun untuk direkomendasikan pada Bidang Kurikulum SMA Negeri 1 Sukabumi sebagai bahan kajian untuk disempurnakan
oleh :
Badan Penelitian dan Pengembangan
SMA NEGERI 1 KOTA SUKABUMI
JULI 2007
Penelitian Deskriptif Kuantitatif
( Menerapkan/ Membuktikan Teori )
I.Struktur
►Cover
► Halaman Judul dalam
Sama dengan Cover
► Lembar Persembahan
Bagian atas dapat diisi oleh kutipan ayat suci, motto maupun slogan
Bagian bawah menulis tujuan persembahan karya tulis untuk orang-orng yang sangat kita cintai .
► ABSTRAK
Merupakan Gambaran umum/ ringkasan dari keseluruhan isi karya tulis
Dibuat dengan format paragraf 1 judul digaris bawahi.
► KATA PENGANTAR
Dibuat sesuai selera dengan mengindahkan peraturan yang sudah baku
► DAFTAR ISI
Dibuat sesuai selera dengan mengindahkan peraturan yang sudah baku
► DAFTAR TABEL
Jika ada, dibuat sesuai selera dengan mengindahkan peraturan yang sudah baku
► DAFTAR GAMBAR
Jika ada, dibuat sesuai selera dengan mengindahkan peraturan yang sudah baku
► BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Harus menggambarkan pentingnya masalah (variable) pada judul untuk diteliti berdasarkan alasan ilmiah. Pemaparan latar belakang masalah padapenelitian deskriptif kualitatif biasanya mempertentangkan antara teori (idealita) dengan temuan dilapangn (realita) yang mengerucut pada pentingnya kesenjangan itu untuk diteliti. Pada penelitian deskriptif kualitatif peneliti berusaha menggali informasi dilapangan tanpa menduga sebelumnya (tidak apriori tapi aposteori), tidak mengarah pada pembuktian teori yang sudah ada, akan tetapi mengarah pada perumusan generalisasi fenomena lapangan yang memberikan kontribusi pada lahirnya teori baru, apabila dipadukan dengan hasil-hasil penelitian lain yang memilih variable penelitian sejenis.
Contoh :
Jelaskan tentang penting pemahaman siswa terhadap masalah lingkungan yang dipelajari pada pembelajaran Geografi dan Biologi
Jelaskan temuan lapangan tentang sikap-sikap bebrapa gelintir siswa yang menyimpang dari keinginan peneliti, sehingga tergambar kesenjangan antara harapan dengan kenyataan lapangan yang kemudian disebut sebagai masalah yang harus diteliti
B. Identifikasi Masalah
Menggali sebanyak-banyaknya permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan masalah yang sedang diteliti
Contoh : - kebiasaan siswa dirumah
- tingkat kedisiplinan siswa
- tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan sekolah
- motifasi siswa untuk berubah kearah yang lebih baik
- inovasi siswa dalam kebersihan lingkungan sekolah
- keikut sertaan siswa dalam seminar lingkungan tingkat pelajar
- dll.
C. Pembatasan Masalah
Menjelaskan keterbatasan peneliti, baik waktu maupun sumber pustaka yang membatasi peneliti
D. Perumusan Masalah
Merupakan hasil rumusan pembatasan masalah yang dimunculkan dalam bentuk pertanyaan
E. Kegunaan Penilitian
Manfaat penelitian, apabila ditindaklanjuti dengan penelitian lain (disebutkan) pada waktu yang akan datang
F. Definisi Istilah
Kumpulan-kumpulan istilah yang sering muncul pada karya tulis, sehingga tidak menimbulkan miss-persepsi (persepsi yang berbeda)
► BAB II KAJIAN TEORI DAN PENGAJUAN HIPOTESIS
A. Deskripsi Teoritis
Menjabarkan teori-teori yang mendukung dalam penyusunan karya tulis ilmiah mulai dari hakikat/konsep dasar dari variable yang diteliti hingga hipotesis dan pengujian atau generalisasi
B. Kerangka Berpikir
Merupakan gambaran general tentang pemilihan masalah serta langkah-langkah untuk mewujudkan karya tulis ilmiah ini layak secara metodologi (metode yang dibakukan)
C. Pengajuan Hipotesis (hanya untuk yang kuantitatif)
Merupakan dugaan ilmiah yang dibangun dari asumsi-asumsi (pendapat-pendapat) yang dapat dipertangung-jawakan secara ilmiah
► BAB III METODE PENELITIAN
A. Tujuan Penelitian
Merupakan penjelasan tentang arah penelitian yang dipaparkan dalam beberapa pointer (item)
B. Waktu dan Tempat Penelitian
Cukup jelas
C. Metode Penelitian
Deskriptif kualitatif atau kuantitatif
D. Disain Penelitian
Contoh untuk pengaruh dan korelasi (hubungan) dalam Deskriptif Kuantitatif
Pemahaman Siswa tentang Lingkungan Sehat
Sikap siswa terhadap Kebersihan Sekolah
Varabel Bebas (X) Varabel Terikat (Y)
E. Teknik Pengambilan Sampel
Pada bagian ini diharapkan dapat digambarkan karakteristik populasi dengan memilih sebagian unttuk dijadikan sample. Pemilihann teknik dilaksanakan berdasarkan keperluan penelitian contoh : randomsampling (acak), classified (kelompok yang menunjukkan jenjang), cluster (kelompok yang tidak menunjukan jenjang), purposive sampling (berdasarkan saran ahli) dll.
F. Teknik Pengumpulan Data
Merupakan bagian yang menjelaskan langkah penulis karya ilmiah untuk menggali informasi berupa fakta-fakta, baik melalui observasi, maupun dengan cara memberikan perlakuan atau stimulant/ rangsangan padasasaran penelitian , sehingga data yang dibutuhkan untuk analisis data
G. Instrumen Penelitian
Alat pengukur variable yang diteliti, contoh : thermometer untuk mengukur suhu, barometer untuk mengukur tekanan, kuesioner skala Likert untuk mengukur sikap, Kuesioner untuk mengukur pemahaman dll.
H. Teknik Analisa Data
Menjelaskan tentang rumus-rumus statistic yang dipakai pada berbagai tahapan penelitian, mulai dari uji persyaratan instrument sampai dengan uji hipotesis
► BAB IV HASIL PENELITIAN
A. Deskripsi Data
Bagian ini memuat distribusi data hasil pengukuran beserta penjelasannya
B. Pengujian Persyaratan
Dilakukan pada instrument yang akan dijadikan alat ukur variabel atau sub variabel
C. Pengujian Hipotesis (untuk kuantitatif)
Dilaksanakan untuk mendapatkan kepastian diterima atau tidaknya sebuah hipotesa, contoh : Product Moment atau Spearmen Brown untuk Korelasi, Uji t untuk pengaruh, chi Kuadrat untuk komparasi dll.
► BAB V KESIMPULAN
A. Kesimpulan
Merupakan Generalisasi gejal yang muncul dari hasil penelitian (kualitatif)
Menegaskan terbukti atau tidaknya penelitian (kuantitatif) yang dilakukan
B. Implikasi
Berisi tentang kegunaan berupa informasi tambahan bagi penelitian lain yang sejenis, sehingga mendapatkan kepastian ilmiah
C. Saran
Disampaikan pada institusi yang berkaitan dengan hasil penelitian, baik langsung, maupun tidak. Dapat juga disampaikan kepada lembaga akdemis tempat peneliti mendapatkan pembelajaran
► DAFTAR PUSTAKA
Penulisan meliputi ;
1. Nama Belakang sumber
2. Nama Depan Sumber
3. Judul Buku
4. Tahun Penerbitan dalam kurung, contoh (1980)
5. Kota Penerbit
6. Nama Penerbit
Setiap bagian dipisahkan koma lalu diberi spasi
Untuk baris pertama penulisan pada ketukan pertama, baris selanjutnya pada ketukan ke-8 (delapan)
► Lampiran
Jika ada,misalnya untuk tabel pada uji statistic yang dialkukan pada saat penelitian
► RIWAYAT HIDUP
Meliputi perjalanan penyusun mulai dari pendidikan terendah sampai dengan saat melakukan penyusunan karya tulis, termasuk pada bidang lain, seperti halnya keorganisasian
II. Teknik Penulisan
A. Huruf
1. Time New Roman 14 point bold (tebal) untuk Judul pada cover dan Halaman dalam serta Nama Penyusun dan NIS-nya.
2. Time New Roman 12 point bold (tebal) Huruf Capital untuk INSTITUSI dan TAHUN PEMBUATAN pada cover dan halaman dalam , , ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL TABEL, DAFTAR GAMBAR, KATA PENGANTAR, BAB I s.d. V beserta judulnya, DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN serta RIWAYAT HIDUP
3. Time New Roman 12 point untuk seluruh isi karya tulis dengan pengecualian Lembar Pengesahan dan Lembar Persembahan serta sub-judul tiap BAB dicetak tebal (Bold), huruf capital pada setiap awal kata yang bukan kata depan atau sambung
B. Kutipan
Menggunakan Sistem Anglo/ Amerika
1. Diawal kalimat
Contoh (untuk kalimat tidak langsung) : Soemarwoto (1991 : 19) menyatakan bahwa suatu konsep sentral dalam suatu ekologi adalah ekosistem.
Contoh (untuk kalimat langsung) : Sudjana (1991 : 80) tentang pengertian sikap berkata : “Sikap pada hakikatnya adalah kecenderungan berperilaku pada seseorang atau dapat pula diartikan reaksi seseorang terhadap stimulus yang datang kepada dirinya.”
2. Diakhir tulisan
Contoh : Benyamin Bloom secara sistematis membagi bidang kognitif menjadi pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi (Ornstein and Lewis, 1984 : 450 – 451).
C. Halaman
1. Mulai dari BAB I Pendahuluan sampai dengan RIWAYAT HIDUP nomor halaman menggunakan angka 1, 2, 3 …………dst.
2. Untuk ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR TABEL dan DAFTAR LAMPIRAN menggunakan angka romawi kecil ; i, ii, iii, iv, v, vi …………….dst.
3. Diawal setiap BAB dan bagian lain nomor halaman diletakan dibagian tengah bawah
4. Ditengah setiap BAB atau bagian lain nomor halaman diletakan bagian atas sebelah kanan
D. Paragraf
1. Awal Alinea/ paragraf dimulai pada ketukan ke 8 (menjorok 7 ketuk kedalam)
2. Penulisan sumber pada DAFTAR PUSTAKA baris pertama tidak menjorok (pada ketukan ke-1). Baris ke-2 dan seterusnya menjorok pada ketukan ke-8. Contoh :
Soemarwoto, Otto, (1991), Indonesia dalam Kancah Isu Lingkungan Global, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
3. Paragraf 1,5 untuk Judul, isi dan jarak antar sumber pustaka pada Daftar Pustaka
3. Paragraf 1 (single) khusus untuk kutipan dan abstrak serta sumber pustaka pada Daftar Pustaka
E. Pemakaian Tanda Baca
1. Tanda Koma dipergunakan untuk memisahkan antar bagian pada sumber buku pada Daftar Pustaka dan setelah nama sumber pada kutipan.
2. Garis Bawah (under line) dipergunakan untuk judul Karya Tulis Pada ABSTRAK, judul sumber pustaka pada Daftar Pustaka
3. Titik Dua dipergunakan pada Abstrak untuk memisahkan Kota lokasi penelitian dilakukan
4. Huruf Miring (Italic) dapat dipergunakan pada kutipan disertai dengan penebalan huruf (bold)
F. Lay Out
1. Margin Kiri 4 cm
2. Margin Kanan 3 cm
3. Margin Atas 3 cm
4. Margin Bawah 3 cm
III. Ukuran Kertas
Menggunakan kertas HVS ukuran A4 70 gram
Penelitian Deskriptif Kualitatif
( Menggali Fenomena, Membuat Generalisasi yang mengarah pada Teori Baru atau Memperkuat Teori Lama)
I. Struktur
Sama dengan Deskriptif Kuanitatif dengan catatan : “Tidak menggunakan Hipotesa Penelitian di BAB III METODE PENELITIAN.”
II. Teknik Penulisan
Memepergunakan aturan yang sama dengan Deskriptif Kuantitatif
III. Ukuran Kertas
Menggunakan kertas HVS ukuran A4 70 gram
oleh :
Badan Penelitian dan Pengembangan
SMA NEGERI 1 KOTA SUKABUMI
JULI 2007
Penelitian Deskriptif Kuantitatif
( Menerapkan/ Membuktikan Teori )
I.Struktur
►Cover
► Halaman Judul dalam
Sama dengan Cover
► Lembar Persembahan
Bagian atas dapat diisi oleh kutipan ayat suci, motto maupun slogan
Bagian bawah menulis tujuan persembahan karya tulis untuk orang-orng yang sangat kita cintai .
► ABSTRAK
Merupakan Gambaran umum/ ringkasan dari keseluruhan isi karya tulis
Dibuat dengan format paragraf 1 judul digaris bawahi.
► KATA PENGANTAR
Dibuat sesuai selera dengan mengindahkan peraturan yang sudah baku
► DAFTAR ISI
Dibuat sesuai selera dengan mengindahkan peraturan yang sudah baku
► DAFTAR TABEL
Jika ada, dibuat sesuai selera dengan mengindahkan peraturan yang sudah baku
► DAFTAR GAMBAR
Jika ada, dibuat sesuai selera dengan mengindahkan peraturan yang sudah baku
► BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Harus menggambarkan pentingnya masalah (variable) pada judul untuk diteliti berdasarkan alasan ilmiah. Pemaparan latar belakang masalah padapenelitian deskriptif kualitatif biasanya mempertentangkan antara teori (idealita) dengan temuan dilapangn (realita) yang mengerucut pada pentingnya kesenjangan itu untuk diteliti. Pada penelitian deskriptif kualitatif peneliti berusaha menggali informasi dilapangan tanpa menduga sebelumnya (tidak apriori tapi aposteori), tidak mengarah pada pembuktian teori yang sudah ada, akan tetapi mengarah pada perumusan generalisasi fenomena lapangan yang memberikan kontribusi pada lahirnya teori baru, apabila dipadukan dengan hasil-hasil penelitian lain yang memilih variable penelitian sejenis.
Contoh :
Jelaskan tentang penting pemahaman siswa terhadap masalah lingkungan yang dipelajari pada pembelajaran Geografi dan Biologi
Jelaskan temuan lapangan tentang sikap-sikap bebrapa gelintir siswa yang menyimpang dari keinginan peneliti, sehingga tergambar kesenjangan antara harapan dengan kenyataan lapangan yang kemudian disebut sebagai masalah yang harus diteliti
B. Identifikasi Masalah
Menggali sebanyak-banyaknya permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan masalah yang sedang diteliti
Contoh : - kebiasaan siswa dirumah
- tingkat kedisiplinan siswa
- tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan sekolah
- motifasi siswa untuk berubah kearah yang lebih baik
- inovasi siswa dalam kebersihan lingkungan sekolah
- keikut sertaan siswa dalam seminar lingkungan tingkat pelajar
- dll.
C. Pembatasan Masalah
Menjelaskan keterbatasan peneliti, baik waktu maupun sumber pustaka yang membatasi peneliti
D. Perumusan Masalah
Merupakan hasil rumusan pembatasan masalah yang dimunculkan dalam bentuk pertanyaan
E. Kegunaan Penilitian
Manfaat penelitian, apabila ditindaklanjuti dengan penelitian lain (disebutkan) pada waktu yang akan datang
F. Definisi Istilah
Kumpulan-kumpulan istilah yang sering muncul pada karya tulis, sehingga tidak menimbulkan miss-persepsi (persepsi yang berbeda)
► BAB II KAJIAN TEORI DAN PENGAJUAN HIPOTESIS
A. Deskripsi Teoritis
Menjabarkan teori-teori yang mendukung dalam penyusunan karya tulis ilmiah mulai dari hakikat/konsep dasar dari variable yang diteliti hingga hipotesis dan pengujian atau generalisasi
B. Kerangka Berpikir
Merupakan gambaran general tentang pemilihan masalah serta langkah-langkah untuk mewujudkan karya tulis ilmiah ini layak secara metodologi (metode yang dibakukan)
C. Pengajuan Hipotesis (hanya untuk yang kuantitatif)
Merupakan dugaan ilmiah yang dibangun dari asumsi-asumsi (pendapat-pendapat) yang dapat dipertangung-jawakan secara ilmiah
► BAB III METODE PENELITIAN
A. Tujuan Penelitian
Merupakan penjelasan tentang arah penelitian yang dipaparkan dalam beberapa pointer (item)
B. Waktu dan Tempat Penelitian
Cukup jelas
C. Metode Penelitian
Deskriptif kualitatif atau kuantitatif
D. Disain Penelitian
Contoh untuk pengaruh dan korelasi (hubungan) dalam Deskriptif Kuantitatif
Pemahaman Siswa tentang Lingkungan Sehat
Sikap siswa terhadap Kebersihan Sekolah
Varabel Bebas (X) Varabel Terikat (Y)
E. Teknik Pengambilan Sampel
Pada bagian ini diharapkan dapat digambarkan karakteristik populasi dengan memilih sebagian unttuk dijadikan sample. Pemilihann teknik dilaksanakan berdasarkan keperluan penelitian contoh : randomsampling (acak), classified (kelompok yang menunjukkan jenjang), cluster (kelompok yang tidak menunjukan jenjang), purposive sampling (berdasarkan saran ahli) dll.
F. Teknik Pengumpulan Data
Merupakan bagian yang menjelaskan langkah penulis karya ilmiah untuk menggali informasi berupa fakta-fakta, baik melalui observasi, maupun dengan cara memberikan perlakuan atau stimulant/ rangsangan padasasaran penelitian , sehingga data yang dibutuhkan untuk analisis data
G. Instrumen Penelitian
Alat pengukur variable yang diteliti, contoh : thermometer untuk mengukur suhu, barometer untuk mengukur tekanan, kuesioner skala Likert untuk mengukur sikap, Kuesioner untuk mengukur pemahaman dll.
H. Teknik Analisa Data
Menjelaskan tentang rumus-rumus statistic yang dipakai pada berbagai tahapan penelitian, mulai dari uji persyaratan instrument sampai dengan uji hipotesis
► BAB IV HASIL PENELITIAN
A. Deskripsi Data
Bagian ini memuat distribusi data hasil pengukuran beserta penjelasannya
B. Pengujian Persyaratan
Dilakukan pada instrument yang akan dijadikan alat ukur variabel atau sub variabel
C. Pengujian Hipotesis (untuk kuantitatif)
Dilaksanakan untuk mendapatkan kepastian diterima atau tidaknya sebuah hipotesa, contoh : Product Moment atau Spearmen Brown untuk Korelasi, Uji t untuk pengaruh, chi Kuadrat untuk komparasi dll.
► BAB V KESIMPULAN
A. Kesimpulan
Merupakan Generalisasi gejal yang muncul dari hasil penelitian (kualitatif)
Menegaskan terbukti atau tidaknya penelitian (kuantitatif) yang dilakukan
B. Implikasi
Berisi tentang kegunaan berupa informasi tambahan bagi penelitian lain yang sejenis, sehingga mendapatkan kepastian ilmiah
C. Saran
Disampaikan pada institusi yang berkaitan dengan hasil penelitian, baik langsung, maupun tidak. Dapat juga disampaikan kepada lembaga akdemis tempat peneliti mendapatkan pembelajaran
► DAFTAR PUSTAKA
Penulisan meliputi ;
1. Nama Belakang sumber
2. Nama Depan Sumber
3. Judul Buku
4. Tahun Penerbitan dalam kurung, contoh (1980)
5. Kota Penerbit
6. Nama Penerbit
Setiap bagian dipisahkan koma lalu diberi spasi
Untuk baris pertama penulisan pada ketukan pertama, baris selanjutnya pada ketukan ke-8 (delapan)
► Lampiran
Jika ada,misalnya untuk tabel pada uji statistic yang dialkukan pada saat penelitian
► RIWAYAT HIDUP
Meliputi perjalanan penyusun mulai dari pendidikan terendah sampai dengan saat melakukan penyusunan karya tulis, termasuk pada bidang lain, seperti halnya keorganisasian
II. Teknik Penulisan
A. Huruf
1. Time New Roman 14 point bold (tebal) untuk Judul pada cover dan Halaman dalam serta Nama Penyusun dan NIS-nya.
2. Time New Roman 12 point bold (tebal) Huruf Capital untuk INSTITUSI dan TAHUN PEMBUATAN pada cover dan halaman dalam , , ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL TABEL, DAFTAR GAMBAR, KATA PENGANTAR, BAB I s.d. V beserta judulnya, DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN serta RIWAYAT HIDUP
3. Time New Roman 12 point untuk seluruh isi karya tulis dengan pengecualian Lembar Pengesahan dan Lembar Persembahan serta sub-judul tiap BAB dicetak tebal (Bold), huruf capital pada setiap awal kata yang bukan kata depan atau sambung
B. Kutipan
Menggunakan Sistem Anglo/ Amerika
1. Diawal kalimat
Contoh (untuk kalimat tidak langsung) : Soemarwoto (1991 : 19) menyatakan bahwa suatu konsep sentral dalam suatu ekologi adalah ekosistem.
Contoh (untuk kalimat langsung) : Sudjana (1991 : 80) tentang pengertian sikap berkata : “Sikap pada hakikatnya adalah kecenderungan berperilaku pada seseorang atau dapat pula diartikan reaksi seseorang terhadap stimulus yang datang kepada dirinya.”
2. Diakhir tulisan
Contoh : Benyamin Bloom secara sistematis membagi bidang kognitif menjadi pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi (Ornstein and Lewis, 1984 : 450 – 451).
C. Halaman
1. Mulai dari BAB I Pendahuluan sampai dengan RIWAYAT HIDUP nomor halaman menggunakan angka 1, 2, 3 …………dst.
2. Untuk ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR TABEL dan DAFTAR LAMPIRAN menggunakan angka romawi kecil ; i, ii, iii, iv, v, vi …………….dst.
3. Diawal setiap BAB dan bagian lain nomor halaman diletakan dibagian tengah bawah
4. Ditengah setiap BAB atau bagian lain nomor halaman diletakan bagian atas sebelah kanan
D. Paragraf
1. Awal Alinea/ paragraf dimulai pada ketukan ke 8 (menjorok 7 ketuk kedalam)
2. Penulisan sumber pada DAFTAR PUSTAKA baris pertama tidak menjorok (pada ketukan ke-1). Baris ke-2 dan seterusnya menjorok pada ketukan ke-8. Contoh :
Soemarwoto, Otto, (1991), Indonesia dalam Kancah Isu Lingkungan Global, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
3. Paragraf 1,5 untuk Judul, isi dan jarak antar sumber pustaka pada Daftar Pustaka
3. Paragraf 1 (single) khusus untuk kutipan dan abstrak serta sumber pustaka pada Daftar Pustaka
E. Pemakaian Tanda Baca
1. Tanda Koma dipergunakan untuk memisahkan antar bagian pada sumber buku pada Daftar Pustaka dan setelah nama sumber pada kutipan.
2. Garis Bawah (under line) dipergunakan untuk judul Karya Tulis Pada ABSTRAK, judul sumber pustaka pada Daftar Pustaka
3. Titik Dua dipergunakan pada Abstrak untuk memisahkan Kota lokasi penelitian dilakukan
4. Huruf Miring (Italic) dapat dipergunakan pada kutipan disertai dengan penebalan huruf (bold)
F. Lay Out
1. Margin Kiri 4 cm
2. Margin Kanan 3 cm
3. Margin Atas 3 cm
4. Margin Bawah 3 cm
III. Ukuran Kertas
Menggunakan kertas HVS ukuran A4 70 gram
Penelitian Deskriptif Kualitatif
( Menggali Fenomena, Membuat Generalisasi yang mengarah pada Teori Baru atau Memperkuat Teori Lama)
I. Struktur
Sama dengan Deskriptif Kuanitatif dengan catatan : “Tidak menggunakan Hipotesa Penelitian di BAB III METODE PENELITIAN.”
II. Teknik Penulisan
Memepergunakan aturan yang sama dengan Deskriptif Kuantitatif
III. Ukuran Kertas
Menggunakan kertas HVS ukuran A4 70 gram
hadeuh! eta mah prosedur untuk mhs semester akhir
ReplyDeletemantap keren banget banyak buat kisi kisi ini maa tengkyu bapa ade lope badag 10.5 didrika
ReplyDeletesaya menjadi lebih baikkkk. mantappp koper bapak adeeeee
ReplyDeletemantapp pakk saya jadi lebih baikkk. lope baadaggg pokoknya mahh
Deletealhamdulillah MasyaAllah ta barokallah
ReplyDeletesayaa sudah membacanya ini sangat bermanfaat
lope badaggg bapaaakkk adeeeeeeeeeeee
rivalno 10.5
kiss or sleep
ReplyDeletekiss or slap
ReplyDeleteKesimpulan yang saya dapat dari membaca buku paket dari halaman261-263 adalah bagaimana cara membuat penelitian geografi, mantap pak Ade ilmu mu sangat membantu👍👍👍 - Widhi Saputra 10.5
ReplyDeletekeren bapa mantappp banget🤩
ReplyDeleteAlhamdulillah saya sudah membaca ini dan sangat bermanfaat thank you, Mr. Ade
ReplyDeleteaderafli 10.5
Setelah saya membaca tentang penelitian Geografi, pembahasan ini berguna bagi pelajar dalam memecahkan suatu persoalan, pengumpulan, pengolahan , analisis, data secara sistematis/mudah/beraturan dengan tujuan mengembangkan teori² ilmiah dasar dengan disiplin yang lebih baik daripada hanya memecahkan persoalan praktis dan memudah kan pelajar dalam melakukan penelitian Geografi😎
ReplyDeleteSalam apresiasi saya yang membuat blog ini kepada bapak ade fathurahman🔥
Deleteberdasarkan bacaan yang sudah saya baca, saya dapat menyimpulkan bahwa membuat suatu penelitian dibutuhkan adanya ketelitian dan kegigihan dalam membuatnya. semangat selalu untuk belajar ilmu baru, terima kasih
ReplyDeleteRaffa Nur a 10.5
Deletewow materi nya sangat lengkap pak ade terimakasih,sangat sangat berguna materi nya jika saya ingin menulis laporan dengan benar dan ber struktur syilla 10.5
ReplyDeleteterimakasih sudah menulis materi ini, aku jadi tau cara membuat laporan dengan tulisan ilmiah yang benar, tersusun dan yang salah dengan cara kualintatif dan kuantitatif *rby
ReplyDeleteKesimpulannya dalam menyusun karya tulis ilmiah terdapat bagian bagian yang harus dijelaskan secara rinci dan kompleks beserta dengan contohnya kita juga memerlukan teori yang mendukung karya tulis ilmiah tersebut dan dengan metode penelitian yang efektif dapat mendapatkan hasil dengan kualitas yang baik dan terakhir adalah kesimpulan untuk menjelaskan garis besar (ide pokok) tentang karya ilmiah tersebut juga dengan teknik penulisan yang terstruktur dan menarik akan melengkapi karya tulis ilmiah tersebut.
ReplyDeleteMuhammad Rafka 10.5
terimakasi karna sudah membagikan materi tentang buku pedoman penyusun karya tulis ilmiah, karna ini sangat bermanfaat bagi murid untuk menyelesaikan masalah
ReplyDeletefracilia citra 10.5
DeleteMenurut hasil yang saya baca tentang penelitian di atas adalah, meneliti sesuatu harus menggambarkan pentingnya masalah (variable), latar belakang, pembatasan masalah, perumusan masalah, dan kegunaan penelitian masalah. Jika ada hal itu maka kita bisa meneliti sesuatu hal.
ReplyDeleteElsi Maulidina 10.5
Keren pak, terima kasih atas penjelasannya, saya jadi lebih tau, makasi bapak
ReplyDeletePrana 10.5
very beautiful ,ilmu nya sangat bermanfaat sekali ,mulai dari penelitian geografi ,analisis data ,keterkaitan dengan antarvariabel ,tabulasi , klasifikasi ,saya sebagai murid sangat bersyukur bisa mendapatkan ilmu ini ,terimakasih banyak bapa Ade faturahman 🙏
ReplyDeleteNABIL FIRDAUS 10.5
Setelah saya baca buku tentang bab penelitian geogragi, dan membaca di web ini saya menjadi lebih mengerti untuk menganalisis, dan memahami fenomena tertentu. Ini penting untuk menghasilkan pengetahuan baru, memecahkan masalah, dan memberikan dasar untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.
ReplyDeleteKesimpulan yang saya dapat dari buku paket dari halaman261-263 adalah bagaimana cara membuat penelitian geografi, mantap pak ade keren sekali ilmu nya sangat bermanfaat -Alfahmi Muhammad 10.5-
ReplyDeleteTerima kasih pak atas penjelasannya,setelah membacanya saya lebih memahami dan Mengerti.
ReplyDeleteMuhammad Nala nurfauzan 10.5
yang saya baca di buku paket hal 260-263 siswa dan siswi dapat mempelejari tentang penelitian geografi dan penelitian itu pemeriksaan yang teliti dan kegiatan pengumpulan,pengolahan,analisis,dan penyajian dan juga ada beberapa langkah penelitian yang saya dapat pelajari ada 10 langkah langkah ada juga yang saya pelajari yaitu hal yang harus di perhatikan ketika melakukan penelitian geografis ada 5. yang saya pelajari tentang link yang bapa kirim kita dapat mempelajari tentang cara memecahkan permasalahan seperti mengetahui identitas masalah,pembatas masalah, perumusan masalah, saya juga mempelajari tentang KAJIAN TEORI DAN PENGAJUAN HIPOTESIS, METODE PENELITIAN, HASIL PENELITIAN, KESIMPULAN dan itulah beberapa bab yang saya pelajari yang ada di link ini
ReplyDeleteaulia azahra 10.5
Terima kasih banyak atas kegiatan penjelasan penyusunan karya , pengumpulan , dan analisis ilmiah ini, sangat informatif dan relevan! Penjelasan mengenai formasi geologi sangat membantu memperkaya pengetahuan saya sebagai siswi
ReplyDeleteCara Bapak menjelaskan konsep-konsep geografi yang kompleks menjadi mudah dipahami Siswa saya pasti akan lebih tertarik belajar dengan lebih giat !!
rtuocta 10.5
keren bgt mareri nya bapa
ReplyDeleteHendriyan 10.6
ReplyDeleteSetelah membaca apa itu penelitian, saya bisa tahu ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam membuat penelitian geografi secara sistematis, terutama penelitian geografi selalu berkaitan dengan peta, data dari penginderaan jarak jauh, & SIG.
MANTAP👌
Tanggapan saya dengan materi Penelitian Ilmiah adalah bisa menambah wawasan dan bisa kita mempraktekan penelitian ilmiah. Kemudian Penelitian ini memberikan pemahaman yang signifikan tentang penelitian geografi juga memberitahukan kepada kita bahwa ternyata ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam membuat penelitian geografi secara sistematis, terutama penelitian geografi selalu berkaitan dengan peta, data dari penginderaan jarak jauh, & SIG
ReplyDeletedengan belajar materi penelitian ilmiah saya menjadi lebih tau atau mengerti tentang ilmiah
ReplyDeleteSetelah membaca blog ini saya diberi pemahaman bahwa penelitian geografi yang berawal dari kata Research atau mencari tau sebuah masalah yang terjadi pada objek susu langsung, penelitian geografi memiliki proses sistematis hasil penelitian harus relevan dan berdasarkan survey langsung pada lokasi atau kejadian
ReplyDeleteSetelah saya membaca tentang penelitian geografi saya jadi tau tentang penelitian geografi secara sistematis, terutama penelitian geografi selalu berkaitan dengan peta, data dari penginderaan jarak jauh, & SIG
ReplyDeleteRafka Dwi Prayoga 10.6 👍
Tanggapan saya dengan materi Penelitian Ilmiah adalah bisa menambah wawasan dan bisa kita mempraktekan penelitian ilmiah. Kemudian Penelitian ini memberikan pemahaman yang signifikan tentang penelitian geografi juga memberitahukan kepada kita bahwa ternyata ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam membuat penelitian geografi secara sistematis, terutama penelitian geografi selalu berkaitan dengan peta, data dari penginderaan jarak jauh, & SIG
ReplyDeleteKemudian guru yang menjelaskan juga sangat mudah dipahami. Pokoknya mantap
moch gaistan 10.6
ReplyDeleteSetelah membaca apa itu penelitian, saya bisa tahu ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam membuat penelitian geografi secara sistematis, terutama penelitian geografi selalu berkaitan dengan peta, data dari penginderaan jarak jauh, & SIG.
MANTAP👌
Setelah saya baca buku tentang bab penelitian geografi, dan membaca di web ini saya menjadi lebih mengerti untuk memahami, menganalisis, dan memecahkan masalah geografi
ReplyDeletepenelitian ilmiah ini mambantu kita untuk menemukan, menggambarkan/menguji pengolahan baru melalui pengumpulan, analisis, inter pretasi masalah dengan menggunakan metode ilmiah.
ReplyDeletealisa sintia sari 10.6
saya jadi lebih tau tentang ilmiah
ReplyDeletekeren banget pakk sangat bermanfaat sekali
ReplyDeleteMUHAMMADRAFLI 10.6
ReplyDeleteII. Teknik Penulisan
A. Huruf
1. Time New Roman 14 point bold (tebal) untuk Judul pada cover dan Halaman dalam serta Nama Penyusun dan NIS-nya.
2. Time New Roman 12 point bold (tebal) Huruf Capital untuk INSTITUSI dan TAHUN PEMBUATAN pada cover dan halaman dalam , , ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL TABEL, DAFTAR GAMBAR, KATA PENGANTAR, BAB I s.d. V beserta judulnya, DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN serta RIWAYAT HIDUP
Tanggapan saya dengan materi Penelitian Ilmiah adalah bisa menambah wawasan dan bisa kita mempraktekan penelitian ilmiah.
ReplyDeleteKERENNN BGTT PAKK, SANGATTT BERMANFAAT SEKALIII, saya jadi paham dengan materi penelitian ilmiah
ReplyDeleteSetelah saya membaca blog ini saya bisa tahu apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat penelitian geografi
ReplyDeletedavina putri 10.6
ReplyDeletesetelah membaca saya jadi lebih tau tentang ilmiah
ReplyDeleteterimakasih bapa atas penjelasannya tentang penelitian geografi dan penelitian ilmiah (research) -> riset, setelah bapa menjelaskan nya saya jadi paham
ReplyDeleteMuhamad Daffa Alwy H 10.6
kesimpulan yang sudah saya baca, saya dapat menyimpulkan bahwa membuat suatu penelitian dibutuhkan adanya ketelitian dan kegigihan dalam membuatnya. terima kasih
ReplyDeletelovina 10.6
ReplyDeleteblog ini sangat bermanfaat dan bagus agar bisa mengetahui dan memahami pengertian geografi terutama pada karya ilmiah
Setelah saya membaca dan mempelajari tentang materi ini, saya menjadi tahu dasar dasar bagaimana untuk membuat penelitian ilmiah dalam geografi. Materi yang sangat menarik untuk dipelajari, saya tidak sabar untuk mencoba membuat dan mengaitakannya dengan materi materi yang sebelumnya.
ReplyDeletesaya telah membaca blog dari bapa ini saya baru tahu bahwa apa saja yang harus diingat dan dipelajari tentang dalam membuat penelitian geografi terimakasih banyak bapa Ade
ReplyDeletemateri ini sangat bermanfaat sekali untuk saya dan saya bisa lebih memahami pembahasan tersebut terimakasih bapa
ReplyDeletesetelah mempelajari penelitian ilmiah saya jadi tau bagaimana cara melakukan penelitian ilmiah,
ReplyDeletekerenn pakk mantapp🔥🔥🔥
Irma Fauziah 10.6